Cara Mengatasi Insomnia



Perasaan khawatir yang berlebihan atau susah tidur pada malam hari dapat menjadi tanda Anda mengalami penyakit Insomnia. Terdapat berbagai macam cara untuk mengatasi insomnia yang bisa dicoba supaya tidur Anda lebih nyenyak dan berkualitas. Dengan ini, produktivitas Anda dalam kehidupan sehari-hari pun tidak akan terganggu.

Insomnia adalah situasi yang mengakibatkan penderitanya mengalami kesulitan untuk tidur pulas karena perasaan gelisah dan khawatir yang berlebihan, meski mempunyai kesempatan dan waktu yang cukup untuk tidur. Insomnia yang terjadi sesekali tidaklah menjadi kondisi yang berbahaya. Tapi, jika sudah berlangsung lama, situasi itu harus untuk diwaspadai.

Insomnia bisa diakibatkan oleh beberapa faktor, mulai dari kebiasaan dalam mengkonsumsi minuman alkohol dan berkafein sebelum tidur sampai mengarah kepada masalah psikologis, seperti stres, depresi dan gangguan kekhawatiran yang berlebihan.

Disamping itu, insomnia juga bisa diakibatkan oleh beberapa kondisi medis, seperti sakit pada persendian dan efek samping dari konsumsi obat-obatan.

Beberapa cara mengatasi insomnia

Jika Anda sering mengalami kesulitan tidur atau insomnia, berikut ada beberapa cara mengatasi insomnia yang dapat Anda coba, antara lain :

1. Terus berjuang untuk selalu berpikir positif

Insomnia dapat lebih mudah dialami oleh orang yang selalu merasakan kegelisahan atau khawatir yang berlebihan. Maka dari itu, cobalah untuk terus berjuang agar selalu berpikiran positif supaya pikiran Anda bisa lebih tenang. Anda pun dapat mencoba untuk merefleksikan tubuh dan pikiran Anda melalui meditasi. Apabila masih merasa kesulitan, Anda dapat berkonsultasi ke psikolog atau psikiater untuk menjalani konseling dan psikoterapi. Salah satu metode psikoterapi yang sering dilakukan untuk mengatasi masalah susah tidur adalah terapi perilaku kognitif. Baca Juga : Bahaya Stres Berkepanjangan

2. Memberi waktu untuk merelaksasikan diri

Anda dapat mencoba beberapa metode relaksasi sebelum tidur, seperti dengan melakukan yoga. Kegiatan ini bisa memberikan sebuah ketenangan dan kedamaian, sehingga Anda pun akan dapat mudah terlelap dalam tidur. 

Disamping hal tersebut, berbagai kegiatan dalam menenangkan pikiran, seperti membaca buku, mendengarkan musik dengan irama yang lembut dan pelan, mandi dengan air hangat, dapat membuat tidur Anda akan lebih mudah nyenyak.

3. Mengurangi konsumsi minuman berkafein atau beralkohol

Dalam mengatasi masalah insomnia, Anda juga harus menghindari mengkonsumsi minuman seperti kopi, teh, minuman ringan yang mengandung kafein, ataupun yang mengandung alkohol, terutama pada sore hari dan saat hendak tidur di malam hari.

Berbagai macam minuman itu bisa membuat Anda lebih terjaga, sehingga akan kesulitan tidur pada malam hari. Supaya menjadi lebih sehat, Anda bisa menukarnya dengan air putih atau susu.

4. Membiasakan diri untuk mengkonsumsi makanan sehat

Anda sebaiknya mengurangi bahkan menghindari konsumsi makanan dengan kadar lemak jenuh yang tinggi dan kandungan karbohidrat kompleks menjelang tidur. Hal ini disebabkan karena beberapa macam makanan tersebut bisa memperberat sistem kerja pencernaan, sehingga tubuh akan sulit untuk istirahat.

Apabila Anda ingi mengkonsumsi camilan pada malam hari, pilihlah makanan ringan yang menyehatkan tubuh seperti yoghurt atau cracker tawar. Baca Juga : Makanan Sehat

5. Mulai mengantisipasi terjadinya perubahan waktu tidur ketika bekerja atau bepergian

Bepergian ke lokasi dengan perbedaan waktu yang signifikan atau tuntutan kerjaan pada malam hari, bisa mengganggu alur sirkadian. Alur sirkadian adalah sebuah mekanisme alami di dalam tubuh yang dapat mengatur jadwal tidur dan bangun, metabolisme sampai terhadap suhu tubuh setiap harinya.

Apabila alur sirkadian mulai terganggu, Anda pun juga lebih berpeluang untuk mengalami insomnia. Maka dari itu, cobalah untuk mulai mengatur jadwal aktivitas Anda dalam kehidupan sehari-hari serta mulai usahakan untuk tidur dan bangun di waktu yang sama setiap harinya.

6. Jangan merokok ketika hendak tidur

Rokok mengandung nikotin yang bisa membuat mata menjadi terjaga kembali. Maka dari itu, jangan lakukan kebiasaan merokok sebelum tidur supaya Anda tidak mengalami kesulitan dalam tidur.

7. Menerapkan pola hidup sehat setiap hari

Disamping pola tidur yang baik, menerapkan gaya hidup sehat juga tidaklah kalah penting untuk dilakukan. Gaya hidup tersebut bisa dilakukan dengan menjaga pola makan, berolahraga secara rutin selama kurang lebih 30-45 menit setiap harinya, mengendalikan stres yang berlebihan. Ada beberapa macam olahraga yang dapat Anda coba adalah yoga, jogging bersepeda atau berenang. Hal tersebut bisa menjadi sebuah langkah yang baik untuk meningkatkan kualitas tidur Anda. Baca Juga : Cara Menjaga Kesehatan

8. Menciptakan ruang tempat tidur yang bersih dan rapi sehingga tidur menjadi lebih nyaman

Banyak orang merasakan dampak kesulitan tidur karena bermain game, bekerja atau melakukan beberapa macam kegiatan yang lain di tempat tidur. Padahal, tempat tidur yang ideal hanya digunakan untuk tidur saja.

Maka dari itu, Anda perlu menciptakan ruangan tempat tidur yang nyaman supaya dapat menjadi mudah tidur. Caranya meletakan meja belajar, televisi, komputer dan perangkat lainnya berada di luar ruangan tempat tidur Anda, serta mengatur suhu dan sinar lampu supaya kamar terasa lebih nyaman untuk tidur. Pilihlah bantal yang tidak terlalu tinggi agar tidak mengakibatkan leher menjadi kaku ketika bangun tidur keesokan harinya. Apabila Anda sedang hamil atau mengalami sakit punggung, aturlah posisi tidur Anda dengan lebih menyamping diikuti dengan menaruh bantal di antara kedua kaki atau dibawah lutut.

Anda pun juga wajib untuk memperhatikan kebersihan dan kerapian ruangan tempat tidur Anda, semisal setiap hari membersihkan ruangan tempat tidur Anda supaya tidak berdebu, dan merapikan sprei untuk kasur, bantal dan guling. Dengan menerapkan kebersihan dan kerapian pada ruangan tempat tidur Anda, Anda akan merasakan kenyamanan yang tidur menjadi cepat pulas.

Beberapa cara mengatasi insomnia tersebut sebaiknya dilakukan secara teratur supaya tidur dapat mudah pulas pada malam hari yang dapat Anda nikmati. Apabila masih mengalami kesulitan untuk tidur pada malam hari, tidak ada salahnya untuk mengkonsultasikan ke dokter agar mendapatkan saran dan penanganan yang tepat.

Related Posts:

0 Response to "Cara Mengatasi Insomnia"

Post a Comment