Manfaat Buah Alpukat dan Kandungan Nutrisi di Dalamnya



Buah alpukat memiliki beraneka ragam nutrisi yang tubuh butuhkan, sehingga buah tersebut sangat sering dicari oleh banyak orang diluar sana. Terdapat banyak manfaat dari buah alpukat bagi kesehatan, seperti mencegah osteoporosis, mengatur gula darah, sampai kesehatan mental

Buah alpukat menjadi salah satu macam buah yang sangat populer karena memiliki beraneka ragam nutrisi yang terdapat di dalam buah tersebut. Berbagai kandungan nutrisinya membuat buah tersebut mempunyai banyak sekali manfaat yang bagus bai kesehatan tubuh.

Di samping banyak manfaatnya, buah tersebut mempunyai cita rasa yang manis dan lezat. Bahkan, Anda dapat mencoba buah alpukat dengan beberapa cara pengolahan yang beraneka ragam. Lantas, apa saja manfaat buah alpukat bagi kesehatan tubuh?

Kandungan Nutrisi buah alpukat yang baik bagi kesehatan tubuh

Buah alpukat banyak dikenal dengan sebutan Alligator Pear di beberapa negara tertentu. Bahkan, ada sebuah studi yang menunjukan bahwa buah alpukat tersebut menjadi salah satu makanan super. Berikut berbagai kandungan nutrisi buah alpukat dari 200 gram nya yang baik bagi kesehatan tubuh :

1. Lemak sehat sekitar 32 gram

2. Protein sekitar 3,9 gram

3. Kalori sekitar 321 gram

4. Serat sekitar 13,9 gram

5. Vitamin C sekitar 21% kebutuhan harian tubuh

6. Karbohidrat sekitar 16 gram

7. Vitamin E sekitar 27% kebutuhan harian tubuh

8. Vitamin K sekitar 35% kebutuhan harian tubuh

9. Riboflavin sekitar 19% kebutuhan harian tubuh

10. Niacin sekitar 21% kebutuhan harian tubuh

11. Pyridoxine sekitar 55% kebutuhan harian tubuh

12. Asam pantotenat sekitar 55% kebutuhan harian tubuh

13. Magnesium sekitar 13,5% kebutuhan harian tubuh

14. Folat sekitar 40% kebutuhan harian tubuh

15. Tembaga sekitar 41,5% kebutuhan harian tubuh

16. Mangan sekitar 11,5% kebutuhan harian tubuh

17. Kalium sekitar 20% kebutuhan harian tubuh

Manfaat buah alpukat bagi kesehatan tubuh

Terdapat banyak sekali nutrisi yang terdapat di dalam buah alpukat, pastinya dapat membantu dalam mencukupi kebutuhan nutrisi harian tubuh. Bahkan, buah tersebut memiliki cita rasa yang khas, juga memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut ini macam-macam manfaat yang terkandung di dalam buah alpukat :

1. Menjaga kadar gula darah agar tetap stabil

Manfaat dari buah alpukat yang pertama adalah mampu menjaga kadar gula darah di dalam tubuh. Buah tersebut sangat cocok untuk penderita diabetes. Meskipun memiliki karbohidrat, namun indeks glikemik di dalam buah alpukat sangatlah rendah, sehingga tidak akan mempengaruhi kadar gula darah di dalam tubuh. 

Di samping itu, dengan makan buah alpukat juga bagus untuk menjaga metabolisme terhadap penderita penyakit diabetes. Jadi, tidak ada salahnya untuk makan buah alpukat tersebut sebagai makanan sehat bagi penderita penyakit diabetes. 

2. Mengontrol berat badan

Buah alpukat memiliki kandungan serat dan karbohidrat, sehingga dengan makan buah alpukat tersebut dapat menjadikan Anda merasa kenyang yang bertahan lebih lama. Meski memiliki kadar lemak, namun buah tersebut tidak mengakibatkan berat badan akan naik. Karena, lemak yang terdapat di dalam buah alpukat merupakan lemak yang baik.

Meskipun demikian, hindarilah makan buah alpukat secara berlebihan. Karena kalori yang terdapat dalam buah alpukat relatif cukup tinggi, antara 140 sampai 190 kalori dalam satu buahnya. Tidak sampai disitu saja, agar dapat membantu memperoleh berat badan yang diinginkan, Anda juga dianjurkan agar melakukan aktivitas fisik seperti olahraga secara teratur selain mengkonsumsi buah alpukat tersebut. 

3. Menjaga tekanan darah agar tetap stabil

Di samping memiliki serat yang bagus, di dalam buah alpukat juga memiliki kalium yang tinggi. Macam mineral yang satu ini sangat berguna dalam membantu mengontrol tekanan darah dan menghindari terjadinya tekanan darah tinggi. Tidak hanya itu, kalium juga sangat bagus dalam membantu mengatur detak jantung agar tetap dalam keadaan normal. 

4. Mengatasi masalah sembelit

Manfaat buah alpukat selanjutnya adalah dapat mengatasi masalah sembelit. Sembelit atau konstipasi dapat terjadi karena diakibatkan Anda minim mengkonsumsi makanan yang berserat atau tidak tercukupinya asupan cairan di dalam tubuh

Jadi, agar dapat mengatasi masalah sembelit itu, Anda dapat mencukupi asupan serat dan minum air putih paling tidak 8 gelas dalam setiap harinya. Asupan serat tersebut dapat Anda peroleh dari buah alpukat tersebut. 

5. Menjaga jantung agar tetap sehat

Manfaat dari buah alpukat juga dapat menjaga jantung supaya tetap sehat. Kandungan mineral, serat, protein, lemak sehat dan juga vitamin yang terdapat di dalam buah tersebut sangat bagik dalam menjaga jantung agar tetap sehat. Dengan rutin makan buah dan sayuran, tidak terkecuali buah alpukat juga, dapat membantu dalam menurunkan kadar kolesterol tidak sehat dan meningkatkan kadar kolesterol sehat di dalam tubuh. 

Kadar kolesterol yang tidak sehat jika terlalu tinggi dapat memicu banyak masalah kesehatan di dalam tubuh. Seperti terjadinya penyumbatan di dalam pembuluh darah di dalam jantung, sehingga dapat meningkatkan resiko untuk terjadinya masalah kesehatan jantung. Hal inilah alasannya, buah alpukat sangat disarankan untuk menjadi buah di dalam menu sehat bagi penderita penyakit kardiovaskular.

6. Dapat menyehatkan mata

Di dalam buah alpukat memiliki kandungan antioksidan macam zeaxanthin dan lutein. Terdapat beberapa studi yang menunjukan bahwa antioksidan tersebut sangat diperlukan agar dapat membantu menjaga kesehatan mata. 

Hal ini berati, dengan rutin makan buah alpukat tersebut di dalam takaran yang tidak berlebihan, dapat membantu untuk meminimalkan resiko masalah kesehatan penglihatan terutama pada lansia. Studi itu juga mengatakan bahwa baik zeaxanthin maupun lutein, dapat membantu untuk menghindarkan mata terkena degenerasi makula dan penyakit katarak. 

7. Mencegah terkena penyakit kanker

Penyakit kanker adalah salah satu jenis penyakit yang sangat berbahaya. Terdapat banyak cara dalam mencegah penyakit kanker tersebut, salah satunya dengan makan buah alpukat itu. Buah tersebut memiliki folat cukup tinggi yang berguna untuk dapat mencegah timbulnya penyakit kanker usu besar, lambung,pankreas sampai serviks.

Buah alpukat juga memiliki fitokimia dan karotenoid yang tinggi dan memiliki sifat antikanker. Kedua kandungan ini dapat mencegah pertumbuhan kanker menjadi tahap yang lebih parah. Meski demikian, masih memerlukan beberapa riset lebih lanjut berhubungan dengan manfaat dari buah alpukat dengan penyakit kanker tersebut. 

8. Mencegah osteoporosis

Manfaat dari buah alpukat berikutnya adalah mencegah dalam pengeroposan tulang, dengan makan 200 gram buah alpukat dapat mencukupi vitamin K sebanyak 34% keperluan hariannya. Vitamin K menjadi salah satu jenis vitamin yang sangat bagus dalam mengendalikan dan menjaga tulang agar tetap sehat. 

Dalam mencukupi keperluan Vitamin K dapat membuat penyerapan kalsium menjadi lebih maksimal sehingga tulang dapat menjadi lebih sehat dan kuat. Vitamin K juga bagus agar dapat mengurangi ekskresi kalsium melalui urine. 

9. Mengendalikan kesehatan janin di dalam kandungan

Manfaat dari buah alpukat juga berhubungan dengan kehamilan. Tidak menjadi rahasia lagi bahwa buah alpukat ini sangat bagus untuk dimakan oleh ibu yang sedang mengandung. Hal tersebut karena buah alpukat memiliki asam folat yang sangat tinggi. 

Adam folat sendiri berguna dalam mencegah beberapa komplikasi kehamilan, memaksimalkan pembentukan sel dan sistem jaringan organ janin, sampai pembentukan jaringan sel darah merah. Dengan mencukupi keperluan folat selama masa kehamilan, perkembangan dan pertumbuhan janin dalam kandungan akan dapat lebih maksimal. 

10. Mengontrol kesehatan mental

Banyak cara yang dapat Anda pakai dalam menjaga kesehatan mental. Salah satunya dengan makan beraneka macam makanan sehat. Buah alpukat menjadi buah yang harus Anda makan untuk dapat mencegah depresi.

Buah alpukat memiliki folat yang tinggi. Seseorang yang berkekurangan asupan folat memiliki resiko lebih tinggi dalam mengatasi masalah depresi. Karena, folat dapat mencegah terjadinya penumpukan homocysteine, zat yang bisa mengakibatkan gangguan sirkulasi dan pengiriman nutrisi ke dalam otak.

Baca Juga : Manfaat Buah Bit, Resep Sup Buah Rendah Kalori, Manfaat Buah Jeruk

Itulah beraneka ragam manfaat buah alpukat bagi kesehatan tubuh yang dapat Anda peroleh. Ketika  rutin mengkonsumsi buah tersebut, pastikan juga Anda melakukan pola hidup sehat secara teratur. tujuannya supaya manfaat dari buah tersebut dapat Anda peroleh secara maksimal.

Related Posts:

0 Response to "Manfaat Buah Alpukat dan Kandungan Nutrisi di Dalamnya"

Post a Comment