Makanan Sehat yang Perlu Dikonsumsi Setiap Hari


Konsumsi makanan sehat setiap hari sangat diperlukan agar dapat mencukupi kebutuhan nutrisi setiap harinya. Anda juga tidak harus bingung, karena terdapat berbagai ragam macam pilihan makanan sehat yang mudah dijumpai dan harganya pun juga relatif terjangkau.

Di dalam tubuh ini memerlukan asupan nutrisi dan energi yang didapatkan dari makanan supaya tetap berfungsi dengan maksimal. Di dalam tubuh, makanan yang Anda konsumsi akan mengalami proses pencernaan dan penyerapan nutrisi. Maka dari itu, konsumsi makanan sehat sangat diwajibkan agar dapat mencukupi kebutuhan nutrisi dan menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit.

Disamping menjadi sumber nutrisi dan energi di dalam tubuh, rutin dalam mengkonsumsi makanan sehat juga bisa memberikan banyak sekali manfaatnya, mulai dari meningkatnya sistem kekebalan tubuh, menghindarkan dari resiko penyakit kronis, menambah dan memperkuat massa otot, melancarkan sistem pencernaan, dan mempertahankan berat badan agar tetap ideal.

Berbagai macam pilihan makanan sehat

Terdapat berbagai macam pilihan makanan sehat yang bagus untuk Anda konsumsi setiap harinya agar kebutuhan nutrisi dapat tercukupi , seperti :

1. Sayur-sayuran

Sayur-sayuran masuk ke dalam jenis makanan sehat karena mengandung banyak sekali nutrisi penting untuk tubuh, seperti serat, vitamin A, vitamin C, vitamin K, magnesium, kalsium, zat besi, folat dan kalium yang sangat baik untuk menjaga kesehatan.

Disamping itu, sayur-sayuran juga kaya akan antioksidan yang bisa menjaga tubuh dari kerusakan karena radikal bebas dan meminimalkan terjangkit penyakit kronis, seperti penyakit jantung koroner, diabetes tipe 2 dan juga kanker.

Berikut ini adalah contoh berbagai macam pilihan sayur-sayuran yang bisa dengan muda Anda jumpai :

A. Sawi

B. Brokoli

C. Wortel

D. Tomat

E. Kembang kol

F. Mentimun

G. kangkung

H. Bayam

I. Selada

Selain mudah untuk dijumpai, sayur-sayuran ini juga mudah untuk diolah menjadi berbagai macam masakan dengan beberapa metode seperti ditumis, dikukus, hingga juga dapat direbus.

2. Buah-buahan

Selain sayur-sayuran, buah juga mengandung banyak nutrisi yang diperlukan untuk mencukupi kebutuhan tubuh, seperti mineral, serat, vitamin dan juga antioksidan. Beberapa jenis buah yang dikenal banyak orang karena banyak sekali mengandung nutrisi antara lain :

A. Jeruk

B. Apel

C. Alpukat

D. Pisang

E. Blueberry

F. Stoberi

Selain itu, masih ada beberapa pilihan buah yang juga dapat dikonsumsi untuk memenuhi nutrisi dalam tubuh seperti, anggur, lemon, mangga, nanas, kiwi, ceri.

3. Daging dan telur

Daging adalah salah satu makanan sehat karena banyak mengandung nutrisi. Daging ayam tanpa kulit dan daging sapi tanpa lemak mengandung protein yang sangat tinggi dan juga zat besi, bahkan kandungan lemak lebih rendah jika dibandingkan dengan jenis daging lainnya.

Selain dari daging, telur juga merupakan makanan sehat. Sselain tinggi akan proteinnya, telur juga mengandung nutrisi lengkap, mulai dari vitamin, mineral, lemak tak jenuh sampai antioksidan.

4. Ikan 

Ikan adalah salah satu makanan yang kaya akan nutrisi, selain mengandung protein lemak ikan pun juga bagus untuk kesehatan tubuh jika dikonsumsi sesuai dengan takaran. Asam lemak ikan mengandung omega 3 dan juga yodium.

Di dalam sebuah riset telah menunjukan bahwa dengan mencukupi asupan omega 3 dapat menurunkan resiko terkena berbagai macam penyakit dan juga baik untuk anak-anak karena dapat meningkatkan kecerdasan otak. 

Beberapa jenis ikan yang baik untuk dikonsumsi seperti ikan sarden, ikan salmon, ikan lele, ikan tuna, ikan bandeng, ikan kembung.

5. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Makanan sehat yang kaya akan nutrisi berikutnya adalah kacang-kacangan dan biji-bijian. Contohnya seperti kacang mete, kacang tanah, kacang almond, biji labu, biji wijen.

Kacang-kacangan dan biji-bijian itu tidak hanya mengandung tinggi protein dan juga serat, namun juga  tinggi akan vitamin dan juga mineral seperti vitamin E dan magnesium.

6. Susu

Susu mengandung tinggi akan vitamin, mineral, protein hewani, dan juga lemak baik, Disamping itu, susu adalah salah satu sumber kalsium yang terbaik. Untuk mendapatkan nutrisi yang berada pada susu, Anda bisa mengkonsumsinya secara langsung atau mengkonsumsi produk olahan, seperti yoghurt dan keju.

Dengan membiasakan diri untuk selalu mengkonsumsi makanan sehat bisa mempengaruhi kondisi tubuh secara menyeluruh. Jadi mulai sekarang biasakan untuk mengkonsumsi makanan yang sehat dengan gizi seimbang agar kesehatan tubuh dapat terjaga dengan baik dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Supaya Anda tidak bosan, cobalah untuk mengkonsumsi makanan sehat dengan jenis yang berbeda-beda setiap harinya atau dengan mengkombinasikan berbagai macam makanan itu supaya asupan nutrisi yang didapatkan pun lebih beraneka ragam.

Selain mengkonsumsi makanan sehat, Anda juga harus mencukupi kebutuhan cairan di dalam tubuh Anda dengan mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas setiap hari atau sekita 2-3 liter. Tapi, pastikan air yang Anda minum berasal dari sumber yang terpercaya dan terjamin akan higenisnya.

Disamping itu, cobalah untuk selalu menerapkan pola hidup sehat dengan melakukan istirahat yang cukup dan melakukan olahraga secara rutin. Kalau perlu, coba konsultasikan ke dokter agar memperoleh masukan tentang makanan yang sehat sesuai dengan keperluan tubuh Anda.

Related Posts:

0 Response to "Makanan Sehat yang Perlu Dikonsumsi Setiap Hari"

Post a Comment