Manfaat Jeruk Bagi Kesehatan Tubuh



Buah jeruk adalah salah satu buah yang dianggap sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia. Hal tersebut dikarenakan di dalam buah jeruk terkandung sumber vitamin C sangat tinggi yang sangat baik untuk kesehatan. Tidak berhenti disitu saja, dalam satu buah jeruk juga terdapat kandungan vitamin dan mineral lain yang tubuh butuhkan, seperti folat, potassium hingga vitamin B1.

Buah jeruk sangat digemari oleh banyak orang, karena buah yang berbentuk bulat dan berwarna kuning ini selain rasanya yang enak, buah tersebut juga mudah untuk dijumpai dan mempunyai rasa yang enak dan segar. Disamping itu, jeruk memiliki beraneka ragam keistimewaan yang dapat membuat tubuh Anda lebih sehat dan dapat menjaga tubuh dari beberapa macam gangguan penyakit.

Buah jeruk menjadi salah satu macam buah yang mempunyai kadar vitamin sangat tinggi. Tidak hanya itu saja, jeruk juga adalah sumber folat, serat sampai antioksidan yang sangat berguna bagi tubuh. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk mengetahui lebih banyak kegunaan dan manfaat dari buah jeruk untuk kesehatan tubuh Anda.

Ketahui apa saja kandungan dalam buah jeruk

Buah jeruk merupakan buah yang kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh semua orang. dengan mengkonsumsi buah jeruk seberat 100gram saja akan memberikan Anda nutrisi seperti :

1. Kalori 46

2. Air 86%

3. Protein 0.8 gram

4. Karbohidrat 11.7 gram

5. Gula 9.3 gram

6. Serat 2.3 gram

7. Lemak 0.1 gram

Kandungan karbohidrat dalam buah jeruk 

Seperti yang telah tercantum di atas, kandungan jeruk yang utama adalah karbohidrat dan air dengan sedikit protein, lemak, dan kalori. Karbohidrat yang berada di dalam buah jeruk pada umumnya adalah gula sederhana., termasuk glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Tapi, meskipun mengandung gula, buah jeruk mempunyai indeks glikemik yang rendah, yakni sekitar 30-50/ Indeks glikemik mengarah terhadap seberapa cepat makanan yang dikonsumsi bisa menaikan gula darah. Semakin rendah indeks glikemik makanan, semakin bagus pula dampaknya untuk kesehatan tubuh.

Kandungan serat dalam buah jeruk yang baik untuk kesehatan

Jika Anda ingin memenuhi kebutuhan akan serat pangan harian dengan mudah, maka buah jeruk merupakan sebuah pilihan yang tepat. Bahkan, satu buah jeruk berukuran besar akan memberikan kita 18.5% dari angka keperluan gizi harian yang sehat bagi tubuh. Serat dalam buah jeruk juga beraneka ragam, seperti selulosa, pektin, lignin dan hemiselulosa. Kebutuhan serat dalam tubuh harus dipenuhi karena kegunaannya sangat menguntungkan bagi tubuh Anda. Karena, serat tidak seperti macam karbohidrat lain karena tidak bisa dicerna tubuh. Manfaat serat itu termasuk juga untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan, mengontrol berat badan dan juga kolesterol.

Kandungan Vitamin dan mineral dalam buah jeruk

Sebagai macam buah-buahan, buah jeruk memiliki beraneka ragam vitamin dan juga mineral. Vitamin dan mineral yang terdapat dalam buah jeruk seperti :

A. Vitamin C. Buah jeruk sangat identik dengan kadar vitamin C. Satu buah jeruk berukuran besar memang telah memberikan angka kepenuhan gizi harian vitamin C hingga sekitar 99%

B. Vitamin B1. Vitamin B1 atau tiamin juga berguna untuk mengubah karbohidrat menjadi energi.

C. Vitamin B9. Sering disebut juga dengan folat, vitamin B9 adalah vitamin yang utama untuk ibu hamil.

D. Kalium. Dengan asupan kalium yang cukup dapat membantu untuk mengontrol tekanan darah terhadap pasien penderita hipertensi. Mineral ini juga berpeluang untuk mencegah resiko terkena penyakit jantung.

E. Kalsium. Mineral yang lainnya dalam buah jeruk adalah kalsium, yang berguna untuk memelihara tulang dan otot. Di dalam buah jeruk mengandung vitamin C yang sangat tinggi.

Manfaat Jeruk untuk kesehatan tubuh

Mungkin dari Kita masih ada yang penasaran dengan manfaat jeruk bagi kesehatan tubuh, berikut beberapa contohnya :

1. Mengontrol dan menurunkan kolesterol

Tidak hanya omega-3 yang terdapat di dalam ikan saja yang bisa menurunkan dan mengontrol kolesterol dalam tubuh. Buah Jeruk juga merupakan pilihan buah yang tepat untuk membantu tubuh dalam mengurangi kadar kolesterol jahat karena kandungan serat larut di dalam buah jeruk. Yang perlu diingat bahwa kadar kolesterol yang normal dalam tubuh dapat menurunkan resiko Anda terkena berbagai macam resiko penyakit.

2. Menjaga dan merawat kulit

Tidak hanya melalui kosmetika saja bagi Anda yang berkeinginan membuat kulit semakin sehat dan terjaga dari kerusakan. Karena, kulit juga memerlukan beraneka ragam nutrisi dari dalam. Salah satunya tentu dengan mengkonsumsi makanan yang dapat melindungi dan menyehatkan kulit seperti, buah jeruk. Selain memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi, di dalam buah jeruk juga terdapat beta-karoten, antioksidan yang dapat menjaga dan melindungi sel-sel kulit dari resiko kerusakan.

3. Menyehatkan Mata

Selain wortel, dengan mengkonsumsi buah jeruk secara rutin juga dapat menjaga dan menyehatkan mata Anda. Apalagi untuk seseorang yang sudah berada pada masa lanjut usia. Karena dengan bertambahnya umur, resiko terkena penyakit katarak akan semakin tinggi karena dampak dari radikal bebas. Jadi antioksidan yang terkandung di dalam buah jeruk menurut banyak ahli dapat menangkal dan melindungi dari kerusakan itu. Maka, retina mata Anda pun juga akan semakin terjaga dengan baik. Menurut sebuah penelitian, dengan mencampurkan antara vitamin C dan E dapat mencegah penyakit katarak meskipun terhadap kelompok beresiko tinggi.

4. Memelihara sistem pencernaan

Terdapat banyak masakan Cina yang memakai kulit jeruk untuk disajikan dengan daging merah. Karena kulit jeruk dapat mempermudah sistem pencernaan dalam mencerna makanan yang mengandung lemak. Maka dari itu, banyak ahli yang menyarankan untuk minum segelas air lemon untuk menjaga dan memelihara saluran pencernaan. Karena air lemon tersebut yang asam dapat membantu untuk membersihkan berbagai macam sapah makanan yang mengendap dalam pencernaan. Tapi, bagi Anda yang mempunyai masalah lambung, sebaiknya harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

5. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat dari buah jeruk yang lain adalah untuk memelihara kesehatan jantung. Menurut beberapa penelitian, kulit jeruk terdapat beberapa unsur penting seperti polymethosxylated flavones (PMFs) dan d-limonene yang berguna untuk mengaktifkan detoksifikasi pada lever, menjaga dan mengontrol keseimbangan gula darah, menurunkan kolesterol jahat (LDL). Ketiga unsur ini sangat berhubungan dengan kondisi kesehatan jantung.

6. Mengontrol tekanan darah agar tetap stabil

Anda memiliki darah tinggi? Anda dapat mencoba menurunkan dengan cara yang alami dengan cara mengkonsumsi buah jeruk secara teratur. Buah jeruk ini memiliki kandungan flavonoid yang disebut hesperidin. Senyawa itulah yang memliki peranan penting untuk dapat mengontrol tekanan darah agar tetap ideal. Di samping itu, kandungan magnesium di dalam buah jeruk juga dapat membantu Anda dalam menjaga tekanan darah agar tidak terlalu tinggi.

7. Menjadi pendukung untuk kesehatan tulang

Tubuh memerlukan vitamin C yang harus dicukupi supaya dapat menyerap kalsium dan vitamin D dengan maksimal. Supaya kesehatan tulang dapat semakin terjaga dengan baik, jangan pernah melalaikan asupan nutrisi tersebut bagi tubuh Anda. Tapi, alangkah lebih baik Anda tidak langsung menyikat gigi sehabis makan jus jeruk. Karena asam asetat dari jus jeruk dapat mengikis email gigi.

8. Menjaga agar ginjal tetap sehat

Buah jeruk adalah sumber sitrat dan asam sitrat yang sangat baik dan dinilai dapat menjaga dari timbulnya batu ginjal. Maka dari itu, tidak ada salahnya makan buah jeruk untuk dapat memelihara kesehatan ginjal.

9. Menjaga agar tidak terkena penyakit anemia

Dengan makan buah jeruk bisa membantu Anda untuk dapat mencegah timbulnya penyakit anemia. Sekalipun buah jeruk bukanlah zat besi yang baik, namun buah jeruk menjadi sumber vitamin C. Dengan mencukupi keperluan vitamin C dengan baik dapat membuat penyerapan zat besi oleh tubuh bisa dijalani dengan sebaik-baiknya sehingga Anda tidak mengalami kekurangan zat besi.

10. Mencegah tubuh mengalami dehidrasi

Dalam satu buah jeruk terdapat 86 persen air. Maka dari itu, dengan makan buah jeruk dapat membantu Anda untuk dapat mencegah tubuh mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh.

Baca Juga : Manfaat Buah Apel

                     Manfaat Buah Bit

                     Manfaat Buah Pepaya

Contoh di atas merupakan beberapa manfaat dari buah jeruk yang dapat Anda dapatkan dengan mengkonsumsinya secara rutin. Tapi perlu diingat apabila Anda memiliki riwayat penyakit GERD atau maag, lebih baik berkonsultasi dahulu kepada dokter ahli agar mendapat petunjuk dan juga saran yang tepat.


Related Posts:

0 Response to "Manfaat Jeruk Bagi Kesehatan Tubuh"

Post a Comment