Pentingnya Memiliki Waktu Tidur Cukup dan Berkualitas



Tidak hanya dapat menghilangkan rasa kantuk, dengan memenuhi kebutuhan waktu istirahat dan tidur juga bisa memberikan berbagai macam manfaat bagi kesehatan tubuh. Manfaat yang bisa didapatkan bahkan sama pentingnya dengan penerapan pola asupan makanan sehat dan juga olahraga rutin

Istirahat dan tidur adalah salah satu kebutuhan yang mendasar bagi setiap orang, selain makan dan juga bernapas. Kebutuhan tidur setiap individu pada dasarnya berbeda-beda satu dengan lainnya. Tapi, untuk orang dewasa pada umumnya memerlukan waktu tidur malam selama 7-8 jam setiap harinya.

Kebiasaan dari begadang atau kurang tidur dapat membuat kondisi tubuh mudah terasa lelah dan sulit untuk fokus. Bahkan, beberapa penelitian menunjukan bahwa kebiasaan begadang atau kurang tidur bisa meningkatkan berbagai resiko penyakit. Maka dari itu, dengan memenuhi waktu tidur sangatlah penting untuk dilakukan.

Pentingnya memiliki waktu tidur yang cukup dan berkualitas

Ada beberapa manfaat memiliki waktu tidur yang cukup dan berkualitas yang bisa Anda dapatkan diantaranya seperti :

1. Meningkatkan daya ingat

Manfaat memiliki waktu tidur cukup dan berkualitas dapat memberikan kemudahan Anda dalam mengingat berbagai macam hal secara terperinci. Tanpa waktu tidur yang cukup, Anda akan merasakan kesulitan untuk berkonsentrasi dalam menerima berita baru dan otak juga tidak mempunyai cukup waktu untuk mengingat segala sesuatu dengan baik.

Dengan memiliki waktu tidur yang cukup akan berperan penting untuk otak dalam memproses setiap memori, sehingga nantinya Anda bisa dengan mudah mengingat bermacam-macam hal.

2. Meningkatkan konsentrasi dan produktivitas

Manfaat tidur cukup yang dapat langsung Anda rasakan adalah tubuh terasa lebih segar dan berenergi keesokan harinya. Disamping itu, cukup tidur juga baik dalam menjaga fungsi kerja otak. Hal tersebut pastinya akan dapat membantu Anda menjadi lebih produktif, lebih mudah berkonsentrasi dan fokus dalam menyelesaikan setiap tugas dan pekerjaan setiap harinya.

Manfaat ini didukung oleh beberapa riset yang menunjukan bahwa orang yang kurang tidur biasanya lebih sulit dalam menjalani aktivitas secara mandiri dan memerlukan waktu lebih lama dalam menyelesaikan setiap pekerjaan dibandingkan dengan orang yang memiliki waktu tidur cukup.

3. Menjaga suasana hati

Waktu tidur yang cukup juga bisa membuat pikiran lebih segar kembali dan menjaga suasana hati, sehingga Anda lebih siap dalam melakukan berbagai macam aktivitas dan menyelesaikan pekerjaan.

Ketika Anda tidur, otak melakukan pemrosesan emosi dan pikiran supaya bisa bereaksi dengan baik. Hal tersebut yang menyebabkan jika Anda tidak tidur cukup, emosi dan suasana hati sering memberikan reaksi negatif. Seperti, Anda akan lebih mudah lelah, sering merasa cemas, atau lebih sering murung.

Disamping itu, kurang tidur kronis juga bisa meningkatkan resiko gangguan mood. Beberapa riset menyatakan bahwa orang yang mengalami penyakit gangguan tidur, seperti insomnia mempunyai resiko lebih besar mengalami gangguan kecemasan atau depresi.

4. Menjaga kadar gula darah agar tetap stabil

Apabila waktu tidur kurang bisa berdampak dapa kesehatan tubuh yang berhubungan dengan metabolisme dan salah satunya adalah meningkatnya kadar gula dalam darah. Hal tersebut pastinya dapat meningkatkan resiko terjangkit penyakit diabetes. Baca Juga : Cara Menjaga Gula Darah

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Memiliki waktu tidur cukup juga bisa berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan daya tahan tubuh yang kuat, tubuh akan mudah dalam melawan berbagai infeksi kuman secara optimal sehingga tidak mudah terkena penyakit.

Disamping, dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, tidur menjadi waktu yang tepat untuk tubuh dalam mencegah peradangan serta memperbaiki berbagai macam kerusakan jaringan karena terkena radikal bebas seperti polusi dan sinar matahari. Waktu tidur yang cukup juga bisa menjadi salah satu cara untuk menurunkan demam dalam semalam, serta bisa menjadi obat penyakit panas dingin. Baca Juga : Cara Menjaga Kesehatan

6. Menjaga kesehatan jantung

Ketika Anda tidur, tubuh akan melepaskan hormon yang menjaga jantung dan pembuluh darah supaya tetap sehat. Disamping itu, tekanan darah juga dapat menjadi stabil karena jantung dan pembuluh darah dapat beristirahat ketika Anda tidur.

Maka dari itu, jika tidak memenuhi kebutuhan waktu tidur yang cukup akan dapat berdampak buruk bagi fungsi pembuluh darah dan jantung, terlebih lagi untuk Anda yang telah mempunyai riwayat penyakit jantung atau tekanan darah tinggi.

7. Menjaga berat bada tetap ideal

Waktu tidur cukup juga memiliki manfaat agar berat badan dapat terjaga tetap ideal. Beberapa riset menunjukan bahwa jika seseorang tidak memiliki waktu tidur yang cukup dapat menganggu keseimbangan hormon yang mengatur nafsu makan di dalam tubuh.

Hal tersebut bisa berdampak pada orang yang kurang tidur kan mempunyai kecenderungan nafsu makan yang lebih tinggi dan mengkonsumsi lebih banyak kalori. Baca Juga : Cara Menjaga Berat Badan Ideal

Jadi, disamping menjaga pola makan dan selalu rutin berolahraga, jangan lupa tidur yang cukup setiap harinya untuk Anda yang berkeinginan untuk mempertahankan berat badan agar tetap ideal.

Itulah beberapa manfaat memiliki waktu tidur yang cukup dan berkualitas wajib anda mengerti. Supaya semua manfaat tersebut dapat Anda peroleh secara optimal, jangan pernah lupakan untuk memperoleh waktu tidur berkualitas sesuai usia dan jumlah jam yang disarankan.

Tapi, apabila Anda mengalami situasi kesusahan untuk tidur atau gangguan dalam tidur, sebaiknya untuk berkonsultasi ke dokter supaya dapat memperoleh saran dan penanganan yang tepat.


Related Posts:

0 Response to "Pentingnya Memiliki Waktu Tidur Cukup dan Berkualitas"

Post a Comment