Tanggung Jawab Dalam Segala Hal



 Bertanggung Jawab dalam segala hal

Setiap orang pasti mempunyai tanggung jawab sendiri-sendiri. Tanggung jawab adalah situasi untuk wajib menanggung segala sesuatunya. Ketika seseorang tersadar akan kewajiban untuk menanggung semua konsekuensi dari sesuatu yang sudah diperbuatnya dan menjalankan hal tersebut, maka orang tersebut dapat dikatakan telah bertanggung jawab.

Macam-macam tanggung jawab :

1. Tanggung jawab pada diri sendiri



Dalam kehidupan sehari-hari, sangat penting untuk semua orang mempunyai sikap seperti rasa tanggung jawab yang tinggi dalam setiap situasi. Masalahnya, malah semakin banyak juga yang kebingungan dalam menentukan apa contoh tanggung jawab kepada diri sendiri bahkan dalam segala hal. Belum lagi jika nantinya dihubungkan dengan beberapa keperluan yang lainnya.

Sebenarnya secara simpel bisa diketahui bahwa sikap seperti tanggung jawab ini bukanlah sesuatu yang gampang untuk didapatkan dan dipenuhi. Malah terkadang banyak orang lebih mengutmakan tanggung jawab kepada orang lain tetapi melupakan tanggung jawabnya terhadap diri sendiri. berikut contoh tanggung jawab terhadap diri sendiri :

a. Bertanggung jawab dalam pengambilan keputusan

Contoh yang satu ini secara sederhana lebih berhubungan dengan keperluan untuk membuat sebuah keputusan yang penting dalam kehidupan sendiri-sendiri. Contoh dari sikap ini dapat dijumpai dengan gampang dan sederhana dalam berbagai keadaan terutama disaat ingin mengambil keputusan yang baru. Akan tetapi menjadi hal yang penting juga untuk mengambil risiko keputusan. 

Seperti ketika kita akan mengambil keputusan untuk berhenti merokok, terkadang ada keinginan yang terlalu kuat untuk kita mengambil rokok satu batang, akan tetapi kita memilih untuk melakukan suatu hal yang lain agar keinginan untuk merokok bisa mereda. Sehari berjalan mungkin terlalu berat karena sudah menjadi kebiasaan, tetapi ketika sudah berjalan seminggu sebulan maka keinginan merokok pun tersebut dapat hilang sepenuhnya.

b. Bertanggung jawab dalam menjaga kesehatan tubuh

Setiap orang perlu lebih memperhatikan kesehatan tubuhnya. Karena kesehatan itu sangat mahal harganya. Bayangkan jika kita sakit, kita harus keluar biaya untuk berobat, kita tidak dapat bekerja dan beraktivitas. Oleh karena itu sangatlah penting dalam menjaga kesehatan tubuh kita. seperti rajin berolahraga, tidur secara teratur, makan makanan yang bergizi sehingga tubuh kita akan tetap tejaga kebugarannya. 

Seperti saat kita terkena penyakit, sedangkan pekerjaan dikantor masih menumpuk, atau di sekolah sedang berjalan ujian akhir. Kita jadi tidak bisa menyelesaikan tugas pekerjaan yang sudah menumpuk. Kita juga harus menunda ujian akhirnya sampai tubuh kita benar-benar pulih

c. Bertanggung jawab untuk selalu konsisten

Lalu terdapat contoh dari sikap tanggung jawab yang sayangnya masih sering diabaikan begitu saja oleh banyak orang bahkan sampai saat ini. Terutama saat kita terjebak dalam keadaan yang sukar, masih terlalu banyak yang pada akhirnya malah bersikap tidak konsisten  sehingga menimbulkan sejumlah kerugian berarti. Mari belajar untuk selalu menomor satukan konsisten terutama ketika sedang menyelesaikan pekerjaan.

Saat kita sedang menjalankan suatu usaha, terkadang kita ada titik dimana kita mulai bosan atau sudah mulai jenuh dengan usaha tersebut. Atau usaha kita sedang mengalami macet dan sepi. Kita terkadang sudah mulai bermalas-malasan untuk berjuang lagi. Padahal saat seperti itulah dibutuhkan rasa tanggung jawab untuk selalu konsisten dalam berusaha.

d. Bertanggung Jawab untuk selalu berkata jujur

Terdapat sikap yang lainnya yang terkadang tidak kita duga dapat menunjukkan sebuah sikap penting tanggung jawab terhadap diri sendiri. Mungkin terkadang kita telah berkata jujur namun masih saja tidak di percaya oleh orang lain. Tapi selama kita selalu bertanggung jawab atas apa yang telah kita ucapkan lambat laun kepercayaan orang terhadap kita pasti akan bertumbuh dengan sendirinya. 

2. Tanggung jawab terhadap keluarga



Tanggung Jawab yang kedua adalah terhadap Keluarga. Keluarga adalah masyarakat dalam ruang yang lebih kecil. Secara umum, keluarga terdiri dar ayah, ibu, anak, dan orang lain yang mejadi anggota keluarga. Semua anggota keluarga wajib bertanggung jawab terhadap keluarganya.

Berikut beberapa contoh bertanggung jawab terhadap keluarga : 

a. Menjaga nama baik keluarga

Menjaga nama baik keluarga adalah tanggung jawab dari setiap anggota keluarga, maka dari itu diperlukan kesadaran dari setiap anggota keluarga untuk dapat bersikap sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya masing-masing. 

Sebagai seorang ayah bekerja untuk menafkahi seluruh anggota keluarga, sebagai seorang ibu rumah tangga berkewajiban untuk mendidik anak dan mengajarkan kepada anak aturan-aturan yang harus dijalankan supaya anak dapat bertumbuh mental dan karakternya kearah yang lebih baik. Sebagai seorang anak, memiliki kewajiban untuk belajar supaya mendapatkan prestasi yang baik di sekolah demi menggapai cita-cita yang dapat dibanggakan oleh orang tua.

b. Menjaga kebersihan, kenyamanan, dalam keluarga


Menjaga kebersihan, dan kenyamanan adalah tanggung jawab bersama setiap anggota keluarga. 

Hal pertama yang wajib dilakukan adalah membuang sampah pada tempatnya. Dengan membiasakan diri membuang sampah pada tempatnya maka kebersihan dapat terwujud, karena kerbersihan adalah salah satu faktor menjadikan tubuh menjadi sehat.

Lalu biasakan diri untuk menyapu dan mengepel lantai secara teratur. Cara ini dapat kita lakukan dengan mudah dan merupakan cara yang efektif untuk menjaga lingkungan rumah. Menyapu dan mengepel lantai secara rajin akan menjadikan rumah terhindar dari bau yang tidak enak dan mengurangi debu yang bertebaran di dalam rumah. Dengan peralatan sederhana seperti sapu, kain pel ditambah dengan pengharum lantai kita dapat menjadikan rumah menjadi tempat yang bersih dan nyaman.

c. Menjaga keharmonisan keluarga dengan saling menyayangi,menghormati, dan menghargai

Saling menyayangi, menghormati, dan menghargai sangatlah penting demi keberlangsungan keharmonisan setiap anggota keluarga. Semisal anak wajib hormat, patuh, dan menghargai orang tua karena orang tua sudah berjuang untuk memenuhi kebutuhan anak tersebut. 

Seorang ayah wajib mengayomi seluruh anggota keluarga, menyanyangi, dan juga menghargai apabila anak mendapatkan prestasi di sekolahnya agar semakin meningkat prestasi tersebut.

3. Tanggung jawab kepada masyarakat dan warga sekitar



Macam bentuk tanggung jawab selanjutnya adalah kepada warga sekitar. Setiap orang memerlukan bantuan  dari orang lain dan dibutuhkan komunikasi dengan orang lain sehingga terbentuklah masyarakat. 

Di dalam sebuah masyrakat setiap anggota mempunyai tanggung jawab dalam ikut serta menjaga keberlangsungan hidup warga masyarakat.

berikut beberapa contoh bertanggung jawab terhadap masyarakat dan warga sekitar

a. Pada hari minggu bapak andi berencana untuk pergi berlibur dengan keluarga. Berhubung pada hari tersebut diadakan kerja bakti untuk membersihkan sungai, sebagai warga yang bertanggung jawab pak Andi memutuskan untuk menunda rencana berliburnya. Dapat dikatakan bahwa pak Andi telah memenuhi tugas dan tanggung jawabnya sebagai anggota masyrakat sekitar.

b. Berusaha untuk mematuhi setiap aturan dan norma-norma yang berlaku di dalam masyarakat, semisal wajib mengikuti ronda malam untuk menjaga keamanan sekitar, sebagai pelajar mematuhi aturan jam malam yang telah ditetapkan. 

c. Menghargai perbedaan suku, ras, agama, budaya didalam masyarakat sangatlah penting. Dengan sikap menerima apapun jenis suku, ras, agama, budaya maka akan tercipta keamanan dan kenyamanan di dalam masyarakat.

d. Memberanikan diri untuk melaporkan kejadian yang merugikan masyarakat, hal ini sangat perlu dilakukan seperti ada terjadi pencurian dirumah tetangga sedangkan kita mengetahui siapa pelakunya. Kita wajib melaporkan tersebut agar dapat segera ditanggulangi.

4. Tanggung jawab terhadap Tuhan

Setiap manusia adalah ciptaan Tuhan yang paling mulia. Kita dilengkapi dengan akal budi dan kepandaian. Maka dari itu kita wajib untuk bertanggung jawab kepada Tuhan yang telah mengaruniakan hal tersebut. beberapa contoh bertanggung jawab kepada Tuhan :

a. Menjalankan ibadah dengan bersungguh-sungguh

Dengan menjalankan ibadah dengan sungguh-sungguh kita dapat membalas segala kebaikan Tuhan dalam hidup kita ini. Hal tersebut adalah suatu hukum yang wajib karena kita adalah manusia ciptaanNya

b. Mematuhi perintah dan laranganNya

Berbakti kepada Tuhan dapat dilakukan dengan selalu mentaati segala perintah yang telah diajarkanNya, dan senantiasa untuk menjauhi segala laranganNya

c. Selalu untuk bersyukur didalam segala keadaan

Terkadang hidup tidak selalu diatas, kadang kita merasa bahwa hidup ini sangat berat dengan banyaknya masalah yang silih berganti. Namun kewajiban kita adalah untuk selalu bersyukur kepada Tuhan, karena apapun yang terjadi dalam hidup kita itu Tuhan selalu baik.

5. Bertanggung jawab terhadap bangsa dan negara

Setiap warga negara Indonesia kita wajib bertanggung jawab terhadap tanah lahir kita. Sikap tanggung jawab tersebut dapat tercemin dari karakter setiap individu. Individu yang mempunyai tanggung jawab yang baik kemungkinan besar juga mempunyai karakter yang baik pula.

Berikut adalah contoh bertanggung jawab terhadap bangsa dan negara :

a. Mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari merupakan tanggung jawab setiap warga negara. Hal tersebut sangatlah penting karena Pancasila merupakan rumusan dan pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

b. Menjaga persatuan bangsa dan negara Indonesia demi kemajuan bangsa dan keamanan bangsa ini. Terdapat istilah Bersatu kita kuat, dengan bersatu maka bangsa kita akan kuat dalam segala hal. 

c. Tepat waktu dalam membayar pajak adalah salah satu contoh kita bertanggung jawab untuk bangsa dan negara Indonesia. Dengan kita taat membayar pajak maka uang pajak tersebut dapat digunakan untuk pembiayaan pembangunan bangsa, membuka lapangan kerja sebanyak-banyaknya sehingga dapat mengurangi pengangguran di dalam negara ini.

d. Taat terhadap hukum yang berlaku di negara ini akan membuat negara ini menjadi damai dan aman. Seperti menggunakan helm saat berkendara teramat penting demi keselamatan, melaporkan setiap kejadian kepada yang berwajib setiap ada kejadian yang berada diluar norma yang berlaku.

e. Mencintai produk dalam negeri, dalam hal ini sebagai warga negara yang baik,kita wajib untuk menggunakan produk dalam negeri supaya produk-produk dalam negeri tidak kalah bersaing dengan produk-produk dari luar. Ini pun akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi bagi pelaku pasar.


Related Posts:

0 Response to "Tanggung Jawab Dalam Segala Hal"

Post a Comment