Pentingnya Memberi Penghargaan Kepada Diri Sendiri



Betapa pentingnya memberi penghargaan terhadap diri sendiri atau self reward

Wah, selamat ya. Jangan pernah lupa memberi hadiah pula untuk diri kita sendiri

Bagi kita yang masih asing dengan istilah self reward, jangan pusing dulu. Secara singkat self reward mengandung arti penghargaan diri. Tapi, kata tersebut mempunyai arti yang lebih dalam lagi karena berhubungan dengan produktivitas dan juga kesehatan. Maka dari itu, tanpa banyak kata lagi, yuk mari kita cari tau bersama-sama arti dari self reward berserta dengan manfaatnya bagi kita.

Apa itu self reward?

Self reward merupakan sebuah aksi seperti memberikan suatu penghargaan kepada diri kita sendiri. Penghargaan itu dijalankan untuk memperoleh kebahagiaan dan juga kepuasan karena sudah mengerjakan sebuah pekerjaan yang baik atau sudah meraih sesuatu yang sudah direncanakan jauh-jauh hari. Sebagai contoh paling simpel yaitu ketika kita sukses menyelesaikan tugas atau pekerjaan berat di kantor tempat kita bekerja.

Kita mungkin merasa bahagia, namun tidak jarang kita merasa belum puas. Maka dari itu dengan memberikan penghargaan terhadap diri kita sendiri misalkan hadiah, bisa meningkatkan perasaan bahagia yang kita rasakan. Hadiah yang diberikan pun bisa berbagai macam jenis contoh berbelanja, mengambil cuti untuk istirahat sejenak dari kesibukan pekerjaan atau pun dengan liburan ke tempat yang kita senangi. Tapi pertanyaanya, apakah self reward tersebut penting dan mengapa?

Pentingnya self reward bagi kita

Adapun alasan utama mengapa kita mesti memberikan self reward adalah karena kita memang patut memperolehnya. Hal ini tidak selalu mengenai kesuksesan yang diraih. Meskipun gagal, kita tetap pantas memberikan penghargaan bagi diri kita atas usaha tersebut yang telah kita kerjakan.

Poin inti dari self reward adalah bagaimana cara kita untuk dapat menghargai diri kita sendiri. Yang butuh kita yakini yaitu tidak semua yang kita rencanakan selalu sukses, tapi di balik semua itu, pasti ada diri kita yang telah berjuang keras. Dan usaha itulah yang pantas kita hargai.

Dengan memberikan self reward, otak kita akan menimbulkan emosi positif. Emosi itu akan memberitahu kesadaranmu bahwa usaha yang sudah dikerjakan akan memberikan sesuatu yang baik. dengan menjalankan ini selalu, otak kita akan mulai menghubungkan antara kesenangan dan kegiatan yang dapat kita selesaikan di masa yang akan datang. Sehingga hal tersebut dapat meningkatkan kepercayaan diri dan juga menjadikan kita lebih terlatih untuk menghargai proses dalam kehidupan.

Manfaat self reward :

1. Meningkatkan motivasi

Penghargaan bisa menjadi sebuah alasan yang bagus untuk menjadikan kita tetap termotivasi dalam meraih sebuah tujuan. Ketika perilaku disertai dengan hasil yang menggembirakan, maka kita cenderung mengulanginya. Hal tersebut karena kita ingin mengulangi hasil yang menggembirakan tersebut.

Ketika kita memberikan penghargaan kepada diri kita sendiri, maka akan memunculkan perasaan senang. Perasaan tersebut lah yang bisa menumbuhkan motivasi dalam diri kita. Baik itu dalam hal pekerjaan atau dalam hal yang lainnya. Sehingga tekanan yang diperoleh ketika bekerja dapat berubah menjadi sebuah semangat supaya dapat menyelesaikannya dengan cepat.

2. Meningkatkan produktivitas

Apakah kita merasakan bahwa produktivitas kita menurun akhir-akhir ini? Apabila iya, mungkin kita memerlukan self reward. Seiring dengan meningkatnya motivasi, memberikan self reward terhadap diri kita sendiri juga dapat meningkatkan produktivitas kita.

Orang yang menerima hadiah langsung dan sering mengerjakan tugas-tugas kecil, melaporkan mempunyai minat yang tinggi dan lebih banyak kebahagiaan dalam pekerjaan kita. Hal tersebut berbeda dengan orang-orang yang menerima penundaan atau imbalan yang hanya diberikan disaat akhir proyek yang panjang.

Dengan kata lain, saat kita selalu memberikan hadiah ketika merampungkan sebuah pekerjaan yang rumit, maka hal itu akan menumbuhkan perasaan bahagia. Perasaan bahagia inilah dapat berimbas terhadap bertumbuhnya produktivitas dan juga rasa bangga ketika kita menyelesaikan sebuah pekerjaan.

3. Meningkatkan kesehatan mental kita

Bayangkan saat kita memberikan hadiah terhadap diri kita dengan pergi berbelanja, berlibur atau menikmati kue keju sembari melihat film favorit di rumah. Tentunya merupakan aktivitas yang sangat menggembirakan. Memberikan hadiah terhadap diri sendiri dengan berbagai hal yang kita senangi adalah salah satu strategi untuk mengurangi stres. Ketika stres berkurang, maka kesehatan mental kita bisa menjadi lebih baik.

Maka dari itu dengan mencoba memberikan self reward seperti melakukan hal-hal yang kita senangi bisa menjadi peristiwa yang baik untuk beristirahat secara fisik ataupun mental.

4. Memberikan perasaan bahagia

Bayangkan jika kita memperoleh hadiah yang diinginkan, seperti makanan enak atau berlibur ke luar negeri selama satu minggu. Bagaimana perasaan kita terhadap hal tersebut? Sangat mendebarkan dan senang pastinya. Hal tersebutlah yang kita rasakan saat menjalankan self reward, kita akan memperoleh perasaan bahagia yang lebih lagi.

Saat kita memberikan hadiah bagi diri kita sendiri, otak akan melepaskan zat kimia yang disebut dopamin. Zat inilah yang menjadikan kita merasa lebih positif dan bahagia.

5. Meningkatkan harga diri

Selain mampu menjadikan kita merasa bahagia, self reward juga bisa membantu kita untuk meningkatkan harga diri. Karena, pemberian hadiah mampu memvalidasi harga diri. Hal tersebut memberi tahu bahwa perasaan bahagia yang kita rasakan itu layak untuk diapresiasi

Contoh self reward :

Self reward tidak selalu harus dilakukan saat kita baru meraih sesuatu yang besar dalam hidup kita. Kita juga bisa kok melakukannya ketika mengalami hari yang baik, seperti memperoleh pujian dari atasan terhadap hasil kerja kita yang menggembirakan.

Selain itu, self reward juga tidak mesti dilakukan secara mewah dengan biaya yang tinggi. Yang paling penting self reward itu bisa menjadikan kita lebih bahagia. Maka dari itu, untuk yang masih belum memiliki gagasan tentang self reward. Kita bisa mencoba saran berikut.

 1. Menyediakan waktu untuk diri sendiri

Seperti sebuah alat, kita pula memerlukan waktu untuk mengisi ulang baterai atau energi kita. Meluangkan waktu untuk diri kita sendiri atau sering disebut me time adalah strategi yang bisa dilakukan untuk mengisi ulang energi kita yang sudah terkuras. Selama kita sendirian dan fokus menjalankan kegiatan yang kita sukai, kita sudah berhasil menghabiskan me time yang berkualitas. Kegiatan itu dapat seperti bermain game, melihat film, membaca buku dengan ditemani secangkir teh hangat, olahraga, yoga atau bermeditasi.

2. Liburan

Aktivitas ini mungkin dapat menjadi sebuah pilihan yang pas, khususnya bagi kita yang bosan dengan hiruk pikuk suasana kota. Pergi berlibur sendiri atau dengan teman terdekat, bisa menjadi self reward yang menggembirakan. Seperti pergi memancing, pantai, mendaki gunung. Liburan bisa meningkatkan kesehatan mental sebab dapat mengurangi depresi dan kecemasan. Liburan juga bisa meningkatkan suasana hati karena menghilangkan orang dari aktivitas dan lingkungan yang mereka hubungkan dengan stres dan kecemasan. Selain itu, sebuah penelitian kecil di jepang juga menemukan bahwa perjalanan liburan singkat selama beberapa hari bisa mengurangi kadar stres yang dirasakan dan mengurangi kadar kortisol atau hormon stres

3. Berbelanja

Untuk kita yang kurang suka bepergian, mungkin berbelanja dapat menjadi salah satu cara alternatif yang dapat kita jalankan. Meskipun cara ini mempunyai sisi yang negatif, selama kita bisa membatasi diri, maka berbelanja dapat sangat efektif sebagai self reward. Contohnya saja dengan berbelanja sepatu, pakaian, atau barang yang kita impi-impikan sejak lama sekali. Selain itu kita juga dapat mengunjungi ke tempat-tempat yang mempunyai makanan lezat.

Gimana teman-teman, sepertinya layak dicoba untuk memulai menghargai diri kita sendiri dengan memberikan suatu hadiah bukan? Itulah pengertian dari self reward beserta contoh dan manfaatnya. Silahkan dicoba ya.

Related Posts:

0 Response to "Pentingnya Memberi Penghargaan Kepada Diri Sendiri"

Post a Comment