Prinsip Hidup


 

Prinsip hidup 

Prinsip hidup adalah sebuah hal yang dimiliki oleh setiap orang dan menjadikan sifat pembeda dengan orang lain. Terdapatnya prinsip hidup akan menjadikan seseorang menjadi lebih bijak dalam bagimana semestinya mengambil langkah dan menentukan sesuatu keputusan. Prinsip hidup dapat membantu seseorang dalam pembentukan karakternya agar lebih baik dan dapat menyesuaikan diri dengan segala sesuatu yang sudah terjadi.

Dalam menjalani hidup ini setiap orang memang tidak dapat lepas dari takdir yang sebenarnya telah diputuskan oleh Tuhan, bahkan jauh sebelum orang tersebut dilahirkan ke dunia ini.

Akan tetapi, setiap orang tetap harus mempunyai garis yang tegas dalam berpedoman dan berprinsip dalam menjalani kehidupan yang sudah diberikan oleh Tuhan. Orang bahkan mestinya harus mampu menghadapi semua yang akan terjadi di dalam dunia ini.

Beberapa contoh prinsip hidup yang dapat dijalankan oleh orang agar membentuk karakternya menjadi semakin bijak dalam menjalani kehidupan.


1. Berhenti merepotkan orang lain selama kita masih bisa menjalaninya sendiri

Prinsip hidup ini dapat dikaitkan dengan bagimana semestinya seseorang bersikap kepada orang lain ketika sedang menjalankan sesuatu hal.

Meskipun sudah ada teori bahwa manusia merupakan makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri tanpa uluran tangan dari orang lain, tetapi sangat penting untuk disadari bahwa terlalu sering mengandalkan orang lain itu pun juga tidak baik untuk diri sendiri. Karena karakter kita tidak akan pernah terbentuk disaat mengalami masalah yang sangat simpel kita pun merasa terlalu berat menjalaninya. Selama masih dapat mengandalkan kemampuan diri sendiri maka janganlah merepotkan orang lain. Berhenti untuk bergantung terhadap pertolongan orang lain.


2. Kehidupan tidak selalu tentang apa yang kita pikirkan, teapi tentang apa yang kita kerjakan

Prinsip hidup yang wajib tertanam dari setiap pribadi seseorang adalah berhenti hanya berandai-andai saja, akan tetapi mulailah untuk melakukan sesuatu hal yang berguna.

Berpikir dalam membuat rencana memanglah penting akan tetapi jika kita tidak segera melangkah waktu kita akan semakin terbuang percuma tanpa ada hasil apapun. Jangan pernah takut gagal atau salah, karena dari setiap kegagalan dan kesalahan yang terjadi akan membuat karakter kita semakin bertumbuh. Hidup akan terus bergulir dan waktu terus berjalan, sehingga jika kesempatan yang datang tidak kita manfaatkan dengan baik maka kesempatan berikutnya mungkin tidak akan pernah datang kedua kalinya. 

Mulailah mempunyai PRINSIP HIDUP bahwa apabila tidak segera dikerjakan maka akan menjadi debu dan kemudian sirna ditiup angin.


3. Milikilah Prinsip hidup untuk menajdi yang terbaik menurut Tuhanmu bukanlah menurut manusia

Sering sekali hal-hal yang kita temui adalah banyak orang berjuang sekuat tenaga untuk memperlihatkan dirinya agar dianggap hebat oleh manusia. Padahal jika dimengerti, hal tersebut akan berujung dengan sia-sia. Sebagai contoh di dalam dunia kerja, disaat ada atasan, kita bekerja dengan giat sekali agar mendapatkan pujian akan tetapi saat tidak ada atasan kita hanya bekerja semau diri kita sendiri. Padahal pekerjaan itu pun adalah pemberian dan rejeki dari Tuhan, jadi jika kita hanya bekerja dengan giat ketika ada atasan, berarti kita lebih mementingkan padangan baik dari orang bukanlah dari Tuhan.  

Setiap orang pada dasarnya sama dihadapan Tuhan, yang menjadi pembeda adalah bentuk ketaatan dan perilakunya kepada orang lain.


4. Menjadi diri kita sendiri, karena sampai kapanpun kita tidak akan pernah dapat menjadi orang lain

Penting untuk dimengerti bahwa sebenarnya seseorang mempunyai sifat khas tersendiri yang sudah ada sejak seseorang tersebut dilahirkan. Bahkan seseorang dilengkapi dengan keahlian yang berbeda, supaya bisa saling mengisi satu sama lain.

Membandingkan diri, mencontoh sifat orang lain hanya akan memperlambat pertumbuhan hidup kita sendiri. Jadilah yang terbaik dalam diri kita sendiri karena sampai selamanya memang benar kita tidak akan pernah dapat menjadi dan merasakan kehidupan orang lain.


5. Lebih baik terlambat dari pada tidak melangkah sama sekali

Terkadang kita memiliki pikiran "ah, semuannya sudah terlambat, apakah saya dapat bangkit? Apakah saya dapat mengubah semua ini?" Terkadang pikiran seperti itu selalu menghantui pikiran kita. Akan tetapi mau sampai kapan kita terus merenung? Lebih baik kita mulai mencoba meskipun kelihatannya sudah terlambat dari pada kita tidak melakukan apapun dan berhenti di tempat.




Related Posts:

0 Response to "Prinsip Hidup"

Post a Comment