Keluar dari Zona Nyaman



Apakah itu Zona Nyaman? Pentingkah kita keluar dari zona nyaman tersebut?

Zona Nyaman - Apakah kita pernah merasakan stres disebabkan kegiatan rutin kita setiap hari atau merasa bosan dan mulai jenuh? Benar sekali, setiap orang pasti pernah mengalami stres. Apabila seseorang terus menerus merasa stres, maka hal ini bisa merusak kesehatan mental dan performa dalam aspek tersebut, misalnya dalam sebuah pekerjaan. Hal tersebut perlu kita mengerti bagaimana bereaksi dengan stres dan tekanan itu.

Salah satu cara agar dapat mengatasi perasaan stres tersebut adalah dengan melakukan aktivitas kesukaan yang kita gemari. Apabila kita mulai merasa jenuh, bosan, lelah dan stres dengan kegiatan kita yang monoton begitu-begitu saja, maka saatnya untuk keluar dari zona nyaman tersebut. Kita pasti sudah tidak asing lagi dengan makna zona nyaman bukan? Zona nyaman merupakan sebagai posisi kita ketika hal ini sudah dapat dikatakan mapan dan sudah kita jalani dalam jangka waktu yang cukup lama. Lalu pertanyaannya, mengapa kita perlu keluar dari zona nyaman? Bukankah kita semestinya memang mencari zona nyaman?

Pertanyaan tersebut mungkin pernah terpikir dalam otak kita ketika dalam situasi krisis semacam ini. Setiap orang ragu untuk meninggalkan zona nyaman karena mereka takut untuk memulai dunia yang baru. Zona nyaman adalah keadaan nyaman dan aman dalam situasi kita sekarang ini, baik bersama teman, di lingkungan pekerjaan atau pun dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Saat kita berada di zona nyaman, maka kita akan cenderung tidak terlalu tertarik untuk mencoba hal-hal baru atau meraih yang lebih banyak hal dalam zona itu.

Apabila kita tetap berada di zona tersebut, kita mungkin tidak bisa meneruskan kehidupan yang lebih maju. Lalu, apakah sebenarnya yang kita butuhkan agar dapat keluar dari zona nyaman tersebut? Apabila kita sedang gelisah dengan zona nyaman hidup kita, maka kita bisa mulai memahami isi artikel ini sampai selesai, supaya kita dapat mengerti alasan mengapa kita perlu keluar dari zona nyaman dan mengerti manfaat yang dapat kita peroleh dari perilaku berani keluar dari zona nyaman tersebut.

Pengertian dari zona nyaman

Istilah keluar dari zona nyaman kita sebenarnya sudah sangat terkenal sejak tahun 90an dari orang persia. Istilah zona nyaman pertama kali di ciptakan dalam "The Dangers of the Comfort Zone" yang diterbitkan oleh Judith Bardwick pada tahun 1991. Judith Bardwick mengartikan zona nyaman sebagai perilaku dimana seseorang dengan perilaku yang terbatas bekerja atau bekerja untuk meraih tingkat kinerja yang stabil. Akibatnya, pekerjaan umumnya dijalankan tanpa adanya resiko, monoton dan juga membosankan.

Berdasarkan pendapat Alasdair A.K. Dalam bukunya White yang berjudul From Comfort Zones to Performance Management, mengungkapkan bahwa zona nyaman bisa digambarkan sebagai fungsi secara umum atau nyaman tanpa usaha yang maksimal. Maka dari itu, orang-orang di zona nyaman ini akan cenderung melakukan hal-hal secara normal, tanpa rasa takut dan tanpa resiko, bahkan terkesan monoton dan membosankan.

Efeknya, orang-orang di zona nyaman mereka cenderung mempunyai prestasi yang begitu-begitu saja. Berdasarkan definisi di atas, keduanya adalah sama. Singkatnya, hal ini tertuju dalam pekerjaan yang dijalankan secara adil supaya tidak memunculkan resiko atau ketakutan. Jika disisi lain, hal itu malah menyebabkan kinerja yang stabil tanpa adanya perbaikan. Itulah sebabnya ada banyak sekali alasan mengapa seseorang harus keluar dari zona nyamannya.

Mengapa kita harus keluar dari zona nyaman?

Berada di zona nyaman berarti dapat dikatakan kita sedang bekerja tanpa adanya resiko besar. Orang yang bekerja di zona nyaman cenderung tidak terlalu takut atau khawatir sebab tidak ada resiko dalam menjalankan pekerjaannya. Hasilnya, peforma kinerja kita menjadi cenderung stabil dan netral, tanpa adanya pertumbuhan skill yang signifikan. Mengapa bisa begitu?

Jadi terdapat sebuah percobaan pada tikus yang dilakukan oleh Roberts dan Joh Dodson pada tahun 1907, menjabarkan kaitan antara kecemasan dan sebuah prestasi. Percobaan yang dilakukan dengan memberikan kejutan listrik yang meningkat, namun hanya pada titik tertentu pada tikus yang di taruh di labirin. Kemudian ternyata si tikus semakin terpacu untuk menyelesaikan labirin tersebut.

Sampai saat ini, seperti yang telah dijabarkan dalam Hukum Yerkes dan Dodson 1907, perilaku tersebut sebenarnya rasional dan sesuai untuk manusia. Hukum ini menjelaskan bagaimana orang mampu merespons atau bereaksi terhadap sebuah rangsangan yang memunculkan rasa takut. Menanggapi rangsangan tersebut, manusia bisa melakukan tiga hal. Seperti melawan (menyanggupi tantangan), lari (kabur atau sembunyi), membeku (lumpuh).

Hal tersebut dapat terjadi karena sistem saraf manusia mempunyai zona gairah yang disebut Goldilock. Apabila kita berada di zona nyaman sangat lama, maka kita akan mulai merasa bosan. Tapi, terlalu jauh ke dalam zona nyaman ini juga bisa memperlambat kemajuan kita. Stres bisa mempengaruhi banyak segi kehidupan. Dimulai dari penampilan, produktivitas tenaga kerja, dan pastinya kesehatan. Bahkan stres bisa menunda jadwal tidur kita.

Lalu hal ini akan sangat mempengaruhi pada kehidupan kita, semisal gejala ringan seperti wajah menjadi kusam, dan pasti saja kita bahkan tidak dapat berkonsentrasi terhadap pekerjaan kita, dan kita mulai kehilangan sebuah motivasi. Dr Matthew Zawadzki, seorang asisten profesor psikologi di University of California, dikutip oleh Shape, menunjukan bahwa stres dapat mengakibatkan peningkatan denyut jantung, tekanan darah dan kadar hormon.

Maka dari itu, masuk akal apabila mereka yang mengidap stres sangat lama atau kronis tidaklah baik untuk kesehatan. Bahkan, para ahli kesehatan menyebutkan bahwa stres yang berlebihan adalah silent killer yang bisa mengakibatkan kematian dini, baik sakit atau pun bunuh diri

Menghabiskan waktu di zona nyaman dapat jadi menjenuhkan, membosankan, melelahkan dan tidak menyenangkan. Kadang kala kita juga menginginkan kehidupan atau petualangan lain diluar sana. Sayangnya, kita masih ragu atau takut untuk keluar dari zona tersebut.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa kita perlu keluar dari zona nyaman :

1. Hidup kita akan menjadi lebih menarik karena kita bisa berpetualang terhadap diri kita sendiri.
2. Bisa menjadi sebuah cara yang benar untuk mengenali jati diri sendiri.
3. Bisa mendorong atau memotivasi kita agar dapat memperoleh lebih banyak potensi yang kita punya     selama ini.
4. Memperluas hubungan sosial antara kita dengan sahabat atau rekan yang baru.
5. Kita dapat menjadikan diri kita menjadi orang yang lebih percaya diri
6. Keluar dari zona nyaman kita bisa memberikan lebih banyak rasa bahagia ketika memperoleh dan mengalami            banyak hal baru yang mengakibatkan pelepasan dopamin
7. Apabila kita benar-benar melakukan hal tersebut dengan benar, maka kita akan merasa puas

Cara keluar dari zona nyaman 

Keluar dari zona nyaman memang bukanlah hal yang mudah seperti yang dibayangkan. Kadang kala kita malah bingung dan tidak tahu harus mulai dari mana dulu dan harus berbuat apa. Kita dapat mulai mengikuti langkah-langkah berikut ini agar kita dapat keluar dari zona nyaman.

1. Buat strategi yang benar

Membuat sebuah strategi bisa menolong kita secara bertahap keluar dari zona nyaman dan dapat untuk mengendalikannya. Saat kita membuat sebuah rencana, maka kita benar-benar butuh mengerti apa yang ingin kita capai, bagaimana untuk meraihnya, dan mulai mempertimbangkan resiko yang akan terjadi.

2. Pikirkan tentang apa yang menjadikan kita takut

Pikirkan suatu hal tentang apa yang sebenarnya menjadikan takut untuk keluar dari zona nyaman kita. Pandanglah zona horor dengan cara yang lebih menggembirakan supaya kita tidak terjebak di dalamnya. Hal tersebut juga berfokus pada perasaan kesenangan, kebanggaan yang kita rasakan saat mulai meninggalkan zona nyaman tersebut. 

3. Yakinkan diri kita atas apa yang bisa kita kerjakan

Katakan pada diri kita sendiri apa yang tidak dapat kita kerjakan. Jadi, percayalah pada diri kita sendiri bahwa kita mampu menguasai sebuah petualangan baru dan dengan aman meninggalkan zona nyaman tanpa adanya rasa takut untuk penyesalan. Katakan hal-hal positif tentang diri kita dan keyakinan untuk memulai hal-hal yang baru. 

4. Mintalah Motivasi agar bisa lebih optimis

Kita bisa berbicara dengan orang-orang di sekitar kita tentang keinginan agar dapat keluar dari zona nyaman. Mintalah kepada mereka agar dapat memotivasi kita untuk menjadikan lebih bersemangat dan terdorong untuk menjalankannya. Di samping itu, kita juga bisa membaca buku-buku motivasi tentang orang-orang sukses yang dapat keluar dari zona nyaman dengan senang.

5. Mencoba keluar dari Zona nyaman itu

Kita dapat mencoba keluar dari zona nyaman itu secara bertahap. Cobalah untuk beradaptasi dengan keadaan yang baru. Tapi, jangan menekan terlalu keras supaya kita tidak merasa stres dan dapat menikmatinya. Apabila kita tidak menyenanginya, kita dapat berhenti. 

6. Berikan hadiah kepada diri kita sendiri

Diperlukan banyak keberanian untuk meninggalkan zona nyaman seseorang. Karena itu, kita perlu mencobanya dan memberi hadiah terhadap diri kita sendiri. kita juga dapat merayakan kemajuan positif dan perubahan yang kita kerjakan untuk mencapai tujuan kita. Hal tersebut adalah tips yang bagus untuk mengevaluasi diri kita sendiri. 

7. Mengingat bahwa kita mengerjakan sesuatu yang monoton atau membosankan

Pastinya, kita pernah mempunyai rasa takut di masa lalu namun kita sudah mengatasinya. Dengan kata lain, hal tersebut menjelaskan bahwa kita dapat menghadapi sebuah tantangan. Membuat daftar raihan bisa menumbuhkan kepercayaan diri bahwa kita berada di luar zona nyaman kita.

Selalu pertimbangkan kesusahan-kesusahan yang kita jumpai dahulu yang sangat membatasi kita sehingga kita selalu memiliki semangat agar dapat terbebas dan bisa mengerjakan banyak hal.

Efek apabila keluar dari zona nyaman

Setiap orang mencari kesuksesan, mengejar karir berbasis gairah, dan melakukan kehidupan yang senang dan nyaman. Namun saat semuanya tergenapi, kita merasa lebih baik dan tidak ada lagi tantangan dalam hidup kita. Ketika hal tersebut terjadi, banyak orang tanpa menyadari bahwa mereka berada di zona nyaman mereka.

Banyak yang takut untuk menuju ke arah yang tidak pasti. Mereka takut akan kegagalan, berkelahi dengan orang lain, dan merasa tidak tenang. Tetapi saat kita keluar dari zona nyaman dan memutuskan untuk berkomitmen penuh menjalankan perubahan setiap harinya, kita akan mengalami banyak hal menakjubkan yang tidak pernah kita prediksi sebelumnya.

Sebuah tantangan akan menghidupkan kita kembali dan membuat kita merasa mempunyai sesuatu untuk diperjuangkan. Berikut Efek jika kita keluar dari zona nyaman :

1. Mulai menyenangi tantangan.

Awalnya, semua tantangan terlihat sukar atau tidak lah mungkin. Tetapi, setelah kita sukses, pasti kita dapat mengenali kemampuan kita. Hal tersebut dapat membuat kita tertarik terhadap suatu tantangan baru yang belum pernah dilakukan sebelumnya.

2. Keahlian kita meningkat sangat cepat

Saat kita meninggalkan zona nyaman sepenuhnya, kita akan meningkat sangat cepat. Dengan selalu menantang diri kita sendiri, kita selalu berjuang untuk mengembangkan keterampilan dan skill kita. Setiap perubahan baru ialah sumber motivasi untuk lanjut kedepannya. Maka kita akan melihat transformasi besar yang terjadi dalam hidup kita.

3. Rubah penyesalan dengan kesenangan

Hidup di zona nyaman tidak menyenangkan. Hal tersebut menyebakan kita bosan dan malas mencoba hal baru. Tidak penting seberapa kecil peningkatannya, itu sangat berarti. Pepatah lama menyebutkan, "besok harus lebih baik dari hari ini"

4. Mengejek diri sendiri di masa lalu

Semakin lama kita mempunyai teman yang tidak menyenangkan, semakin pula kita akan mengejek diri kita sendiri di masa lalu. Kita akan mendapatkan diri kita yang lama sebagai alasan terlalu banyak. Diri kita sekarang ini tidak takut terhadap sebuah tantangan atau kegagalan lagi.

5. Akan mendapatkan bahwa semua ketakutan hanyalah sebuah ilusi

Kita akan selalu dalam ketakutan kecuali apabila kita mendidik diri kita sendiri agar lebih aktif mencari sebuah solusi. Imbasnya, berbagai alasan timbul di otak dan mengganggu keahlian kita. Cepat atau lambat kita mesti memutuskan untuk mengambil tindakan dan mengabaikan pikiran negatif. Ketika kita bisa menghadapi ketakutan diri kita sendiri, maka semuanya menjadi lebih mudah dan kita menonton ketakutan tersebut sebagai sebuah ilusi belaka.

6. Memperkuat rasa percaya diri

Mereka yang takut meninggalkan zona nyaman tidak benar-benar sadar akan keahlian mereka yang tersembunyi. Tetapi setelah perasaan tidak nyaman tersebut datang dan sukses di selesaikan, rasa percaya kita akan meningkat berkali-kali lipat.

7. Mampu mengerti akan kekuatan dan kelemahan diri sendiri

Semua tantangan adalah pelajaran hidup yang baru. Apakah kita sukses atau gagal secara menyedihkan, selalu terdapat sesuatu yang positif dalam hidup kita. Kita tidak bisa mengerti siapa diri kita yang semestinya hanya dengan berbaring di tempat tidur tanpa melakukan apa-apa.

8. Mampu menciptakan kepuasan yang sangat besar

Segala kegiatan yang kita lakukan mempunyai satu kesamaan. Hal tersebut memerlukan banyak antusiasme terhadap tahapan awal. Tetapi saat sudah selesai, kita merasa mempunyai kepuasan kita sendiri.

9. Dapat menginspirasi orang-orang di sekeliling kita

Saat sikap kita berubah secara dramatis, orang-orang mulai memperhatikan kita lebih hati-hati dan terinspirasi oleh raihan kita. Kita yakin terdapat perasaan berharga yang kita rasakan saat orang-orang di sekeliling kita mulai berbicara tentang perubahan yang kita kerjakan, mereka akan tertarik untuk menyimak tentang kisah sukses hidup kita.

10. Mampu menemukan bahwa satu-satunya cara untuk berhasil adalah keluar dari zona nyaman

Hidup dimulai saat kita berada di zona nyaman. Sejalan nya waktu, kita akan melihat kaitannya antara ketidaknyamanan dan hal-hal berharga dalam hidup kita. Keluhan jangka pendek tertuju terhadap perbaikan dan kesuksesan jangka panjang.

Related Posts:

0 Response to "Keluar dari Zona Nyaman"

Post a Comment