Tips untuk menghadapi Perubahan Dalam Hidup



 Tips untuk menghadapi Perubahan Dalam Hidup

Salah satu hal yang pasti terjadi dalam kehidupan ialah perubahan. Apa yang sedang kita alami sekarang belum tentu masih akan terjadi di hari esok. Orang yang masih dapat kita jumpai hari ini, belum tentu esok hari masih ada di dalam dunia ini.

Sepanjang hidup kita tidak mungkin hanya melalui jalan yang mulus dan datar saja. Beberapa kali kita harus berbelok, mendaki, dan menurun agar sampai di tempat tujuan. Terkadang kita mungkin sudah tahu arah tujuan sehingga tidak lagi butuh menerka-nerka apa yang akan kita jumpai dalam perjalanan. Tetapi terkadang, meskipun kita sudah tahu arah dan tujuan, kita harus beradaptasi dalam perjalanan karena sesuatu yang tidak dapat kita prediksi akan terjadi. Bahkan sering sekali kita dihadapkan oleh banyak pilihan dalam perjalanan tersebut.

Sebuah tantangan dapat menjadikan sebuah motivasi untuk kita dapat merubah arah menjadi lebih baik. Tantangan dari diri masih dapat kita atasi selama ada kemauan dan restu dari Tuhan. Namun tantangan yang lebih susah adalah yang datang dari dalam diri kita sendiri. Dari berbagai tantangan yang menjumpai kita dalam hidup, tantangan terbesar yang sering kita jumpai adalah berdamai dengan diri kita sendiri. sampai saat ini pun kita masih belajar untuk terus berproses menemukan hal tersebut. Namun, didalam prosesnya kita merasa sudah terlalu banyak yang berubah dari dalam diri kita. Sekarang kita sudah bisa lebih sabar dan lebih mempunyai empati, berusaha untuk mencermati keadaan orang lain dan tidak menghakimi.

Menghadapi segala ketidak pastian tentu memerlukan kemampuan penyesuain yang tinggi. Tanpa adaptasi yang benar, perubahan akan terasa seperti musuh yang susah untuk dapat dikalahkan. 

Berikut contoh tips atau cara untuk menghadapi perubahan dalam hidup

1. Merubah pola pikir



Seseorang terkadang cemas dan takut dalam menghadapi perubahan dalam hidup, karena mengaitkannya dengan hal-hal yang negatif. Padahal, bisa saja perubahan yang akan datang malah menuju ke arah yang jauh lebih positif. Inilah betapa pentingnya merubah pola pikir dengan tidak melihat segala sesuatu yang berubah pasti akan menjadi suatu hal yang negatif.

Contoh cara untuk merubah pola pikir :

a. Sadar terhadap pola pikir yang kita punya

b. Menganalisa cara kita berbicara terhadap diri sendiri

c. Kelilingi diri dengan orang-orang positif

d. Paksa diri untuk berani keluar dari zona nyaman

e. Tidak takut akan kegagalan

f. Merubah kebiasaan kita

g. Belajar menerima realita

h. Belajar untuk mengaplikasikan


2. Temukan dukungan dari kerabat terdekat



Dalam menghadapi perubahan seorang diri pastinya akan membuat beban menjadi begitu berat. Disaat inilah dukungan dari orang-orang terdekat akan begitu sangat berarti.

Dukungan sosial sangat penting untuk menjaga kesehatan mental tetap stabil. Dukungan dari kerabat terdekat bisa berupa dukungan emosional, dorongan, pemberian informasi, dan dukungan real yang bisa di wujudkan dalam bentuk barang.

Tetapi, harus diingat bahwa jika mereka orang yang berada di lingkungan terdekat kita, belum tentu mereka mengerti persis apa yang kita butuhkan. Oleh karena itu, meminta bantuan spesifik yang kita butuhkan dapat dilakukan.

3. Tetap jalani rutinitas



Memandang perubahan disekeliling yang susah untuk ditebak memang tidak jarang menimbulkan stres. Cemas akan kenyamanan yang dapat hilang sewaktu-waktu pasti membuat pikiran kita menjadi tidak tenang.

Tetapi, jika banyak hal di luar sana tidak dapat lagi di perkirakan dengan mudah, masih ada cara untuk menjaga diri tetap tenang dan nyaman seperti memelihara kebiasaan. Kita harus mempunyai rutinitas yang dapat menjadi sebuah media untuk pulang disaat stres mulai datang. Lalu, meskipun dunia luar sarat akan perbuahan, kita masih memiliki hal yang pasti dapat menjadi sarana untuk melepaskan kelelahan.

4. Belajar untuk merawat diri



Menghadapi perubahan merupakan sebuah hal yang tidaklah mudah untuk dilakukan. Adaptasi terhadap sesuatu yang baru membutuhkan banyak energi, sehingga kita perlu melakukan beberapa persiapan. 

Tetap menjaga kesehatan badan kita dengan beberapa cara seperti makan makanan yang bergizi, berolahraga, mengambil waktu luang untuk bersenang-senang seperlunya akan sangat membantu dalam mengatasi stres. Jika mental dan tubuh sehat, pastinya kita akan siap untuk menghadapi tantangan yang berikutnya.

5. Merpesiapkan diri secara matang



Mau tidak mau perubahan pasti akan terjadi meskipun tidak kita inginkan. Agar kita siap dalam menghadapi perubahan yang dapat terjadi sewaktu-waktu, mempunyai persiapan yang matang adalah sesuatu yang wajib untuk kita lakukan. Melatih mental dan fisik senantiasa dalam sikap siaga akan sangat meringankan beban kita.

Meskipun terkesan acak, sebenarnya masih terdapat beberapa perubahan dalam hidup yang dapat sedikit kita perkirakan. Seperti, ada sebuah kemungkinan suatu hari nanti kita akan terjatuh sakit, maka dari itu kita harus memulai menyisihkan uang untuk ditabung agar dana darurat selalu tersedia. Dengan persiapan yang matang, tidak menutup peluang diri akan lebih cepat beradaptasi dengan perubahan yang akan terjadi.


Perubahan adalah suatu hal yang pasti akan terjadi dan tidak mungkin dapat kita hindari. Tetaplah berpikir yang baik dan persiapkan diri untuk menghadapi segala kemungkinan yang ada, sehingga ketika perubahan tersebut datang, kita dapat menghadapinya dengan lebih tenang 


Related Posts:

0 Response to "Tips untuk menghadapi Perubahan Dalam Hidup"

Post a Comment