Cara Berpikir Positif

 




Cara berpikir positif untuk meningkatkan mutu hidup

Sekalipun terdengar mudah, berpikir positif tidaklah hal yang sepele. Apalagi ketika terkena suatu problem, rasanya lebih mudah untuk berpikiran negatif ketimbang berpikiran positif. Kenyataannya, sebenarnya kita mengerti bahwa berpikir negatif malah akan memperburuk situasi. Perlu dingat-ingat, berpikir positif bisa membantu kita untuk meningkatkan mutu hidup. Kabar baiknya, berpikir positif dapat dimulai dengan beberapa hal kecil lewat kegiatan sehari-hari kita. Lalu, gimana cara berpikir positif untuk meningkatkan mutu hidup? Berikut beberapa cara untuk dapat selalu berpikiran positif agar mutu hidup kita dapat meningkat

1. Mulai membiasakan diri untuk selalu bersyukur

Sebelum melakukan aktivitas kegiatan, cobalah setiap pagi bangun dengan mengatakan hal-hal yang pantas untuk disyukuri. beberapa hal seperti saya masih memiliki orang tua yang sehat, saya masih diberi kesempatan untuk menghirup udara yang gratis, anggota tubuh saya masih berfungsi secara normal, saya masih memiliki pekerjaan sehingga saya tidak perlu merepotkan orang tua, saya memiliki rumah yang dapat untuk tempat berteduh keluarga, saya masih bisa makan dengan kecukupan dan lain sebagainya. Dengan memikirkan rezeki yang ada dalam hidup ini, maka akan memacu kita untuk selalu berpikir positif.

2. Mebiasakan diri untuk tersenyum

Kenyataannya membiasakan diri untuk selalu tersenyum bisa membuat salah satu cara berpikir positif yang simpel dan mudah untuk dijalani. Dengan tersenyum, mood akan bertambah dan membuat pikiran dan hati menjadi lebih tenang. Dalam keadaan ini telah dibuktikan dari penelitian yang menunjukan bahwa seseorang yang tersenyum ketika melakukan pekerjaan dibawah tekanan, malah akan dapat merasa lebih positif, semisal kita dihadapkan dengan pekerjaan dari atasan yang sangat berat untuk dilakukan, tapi menyikapi dengan tersenyum maka pikiran kita akan positif sehingga perkerjaan seberat apapun terasa menjadi lebih ringan. Jadi mari mulai untuk selalu tersenyum dalam kebiasan berpikir positif

3. Perkatakan kata-kata positif bagi diri sendiri

Musuh terbesar dalam hidup ini sebenarnya bukanlah orang lain melainkan diri kita sendiri. Dalam kejadian ini biasanya kritik terpedas malah datang dari diri kita sendiri. Alasannya karena kita sering susah untuk memperkatan hal-hal positif pada diri kita sendiri. Maka dari itu, alangkah baiknya kita memulai untuk berbicara hal positif terhadap diri kita sendiri.

Dengan memulai kebiasaan ini, kita akan mengurangi kebiasaan berpikiran negatif kepada diri kita sendiri. Kebiasaan yang simpel ini mampu mempengaruhi pikiran, mood, sampai sikap kita ketika berada di bawah tekanan. Berhenti menyalahkan diri kita sendiri untuk semua hal yang terjadi dalam hidup kita.

4. Melihat masalah yang terjadi sebagai kebaikan

ketika memperoleh masalah, jangan langsung melihatnya dari segi padang negatif. Apalagi masalah ini mau tidak mau akan datang tanpa kita sangka. Apabila kita terus menghadapinya dengan segi pandang negatif, pastinya masalah tidak akan dapat pernah selesai. Jadi, mulai sekarang mari kita coba melihat sisi baik dari suatu masalah yang datang dalam hidup kita.

Sebagai contoh ketika sahabat tiba-tiba membatalkan janti, coba lihat dari sisi baiknya. Kita jadi dapat mempunyai waktu luang untuk beristirahat, menjalani hal-hal kesukaan kita, berolahraga, atau pun berkumpul bersama keluarga di rumah. Ketimbang merasa kecewa dan jengkel, mari coba untuk memfokuskan pada sisi positifnya.

5. Memperdalam sikap optimisme

Semakin sering kita berpikiran positif, makan akan semakin kuat pikiran kita. Contoh cara yang dapat kita lakukan adalah memperdalam sikap optimisme. Ketika kita mempunyai rasa optimis atau percaya diri, apa pun tantangan dan masalah yang datang pasti akan dapat kita selesaikan dengan positif dan penuh keyakinan.

6. Membiasakan diri untuk berbuat baik kepada orang lain

Contoh cara agar dapat membuka pikiran kita terhadap orang lain adalah dengan berbuat baik. Terkadang, kita sering menilai orang berdasarkan penampilan luarnya saja dan langsung memiliki pikiran negatif terhadap orang tersebut. Kenyatannya, kita belum tahu apa isi di dalam hatinya. Maka dari itu, cobalah berbuat baik kepada orang lain. Selain menjadikan pikiran kita menjadi lebih positif, kita dapat membuat diri kita merasa lebih baik. Toh, berbuat baik itu tidak ada jeleknya bukan? Selain dapat disukai orang lain kita pun juga dapat menyenangkan hati Sang Pencipta.

7. Pilih dan saring teman-teman yang positif untuk mengelilingi anda

Tidak hanya dari diri kita sendiri, melainkan teman-teman di sekitar kita juga dapat mempengaruhi pola berpikir kita. Oleh karena itu, untuk memperoleh pemikiran yang lebih positif, sebaiknya mulai dari sekarang kita benar-benar memilih teman-teman yang memiliki pikiran positif. Sifat positif tersebut pasti akan tertular kepada diri kita dari kebiasan mereka yang selalu memiliki pandangan positif. Berada di sekeliling teman-teman yang positif terbukti dapat meningkatkan kesempatan kita untuk dapat meraih tujuan, bahkan merubah cara kita melihat diri kita sendiri menjadi lebih baik. Berada dilingkungan orang-orang yang positif secara tidak langsung akan membangun mental dan pikiran kita untuk terus maju kedepan.

8. Luangkan waktu untuk Olahraha dan beristirahat

Hidup tidak melulu harus belajar dan bekerja. Luangkan waktu kita untuk olahraga dan beristirahat. Manfaatkan waktu ini untuk recovery diri sehingga bisa membuat pikiran kita lebih positif. Pastinya cara berpikir positif yang satu ini harus ditopang dengan jadwal yang fleksibel. Kita dapat lebih efektif dalam belajar dan bekerja ketika tubuh kita benar-benar fresh. Jika tubuh kita lelah fokus belajar pun terasa lebih sulit karena tubuh kita bukanlah robot, yang juga perlu diistirahatkan.

Mari bangun diri kita untuk terus melangkah maju dengan membiasakan diri untuk selalu berpikiran positif dalam segala keadaan apapun.


Related Posts:

0 Response to "Cara Berpikir Positif"

Post a Comment