Jujur Dalam Segala Hal



Jujur di dalam segala hal

Pengertian dari jujur adalah sebuah aspek karakter dan ciri orang yang berbudi luhur dimana seseorang dengan sifat seperti ini akan mempunyai integritas, keadilan, setia, tulus, dan mudah dipercaya oleh banyak orang.

Selain itu, ada pula yang mengartikan bahwa pengertian jujur ini bersangkutan dengan sikap atau perbuatan yang dijalankan sesuai dengan apa yang dikatakan. Dengan kata lain, seseorang kemudian bisa dikatakan jujur disaat orang tersebut mengutarakan sesuatu yang sesuai dengan apa yang sudah terjadi sebelumnya dan juga orang tersebut bertindak sesuai dengan apa yang harus dilakukannya.

Akan tetapi dalam membentuk kepribadian jujur tersebut seseorang harus dididik mulai dari anak-anak hingga kemudian menjadi kebiasaan.

Jujur adalah sifat yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Sifat jujur sangat membutuhkan kesesuaian antara apa yang dikatakan dan apa yang dilakukan oleh seseorang. Oleh karena itu seseorang dapat dikatakan jujur apabila orang tersebut dapat mengatakan apa yang sebenarnya terjadi dan didampingi dengan tindakan apa yang semestinya dilakukan.

Membiasakan sifat dan perilaku jujur sedari kecil akan memberi banyak sekali kegunaan dan manfaat.

Tidak dapat dipungkiri bahwa dari kita masih kecil, sering sekali diberitahu berkali-kali bahwa kejujuran adalah suatu hal yang sangat penting. 

Kejujuran tidak hanya dilakukan untuk orang lain, melainkan juga pada diri kita sendiri. Ketika kita jujur pada semua orang tetapi tidak pada diri sendiri, maka kita pun tidak berlaku adil terhadap diri sendiri

Oleh karena itu kita harus mengawali pelajaran berperilaku jujur terhadap diri kita sendiri dahulu, lalu nantinya akan menjadi sangat mudah dalam bersikap jujur kepada orang lain

Manfaat dari kejujuran

Jujur berarti kesesuaian sikap antara omongan dan juga apa yang dilakukan. Jujur juga dimaksudkan berkata apa adanya sesuai dengan apa yang terjadi.

Jadi, kalau kita sudah berbuat sesuatu yang salah atau kejahatan kecil, besar, atau bahkan hanya sepele, apapun hal tersebut kita mesti harus mengakuinya.

Berikut beberapa manfaat dari kejujuran :

1. Dapat meraih kesuksesan

Disaat kita berpegang teguh pada kejujuran adalah suatu hal yang luarbiasa. Tidak jarang orang jujur pun dapat menjadi sukses.

Tak hanya dapat sukses dalam pekerjaan, tetapi salah satu kegunaan dari sikap jujur adalah mendapatkan kesuksesan dalam berbagai hal di dalam dunia ini.

Sebagai contoh didalam segala jenis usaha salah satu faktor yang sangat penting adalah JUJUR. Ketika kita jujur dalam suatu produk kita, maka setiap penjelasan kita ke konsumen akan mudah dipercaya dan produk yang kita pasarkan akan mudah dikembangkan karena customer sudah sangat yakin dengan produk kita. Semakin lama akan mendekatkan kita kepada keberhasilan.

2. Dipercaya oleh banyak orang

Salah satu kegunaan bersikap jujur saat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari adalah memperoleh kepercayaan dari banyak orang.

Saat dipercaya banyak orang akan menjadi sebuah keberuntungan bagi kita. Singkat ceritanya kalau kita dikenal sebagai orang jujur pasti banyak orang yang akan memperkerjakan kita.

Seperti, kita dikenal di dalam kantor atau pekerjaan adalah seorang karyawan yang sangat jujur, dan juga menyelesaikan perkerjaan selalu tepat waktu. Bukan tidak mungkin kita pun akan diberi porsi pekerjaan yang lebih penting karena atasan pun juga akan sangat yakin bahwa kita dapat dipercaya untuk suatu hal yang lebih

3. Dapat terhindar dari fitnah

Bersikap jujur juga dapat membuat kita terhindar dari fitnah yang tidak-tidak. Saat kita selalu jujur dalam mengutarakan sesuatu, orang-orang akan menaruh rasa percaya kepada kita saat diri kita terkena fitnah.

Orang lain tak akan mudah percaya jika ada orang yang ingin berperilaku jahat terhadap kita karena orang lain sudah paham akan kejujuran kita

Dalam hidup ini tidak jarang orang ingin menjatuhkan segala usaha kita dengan berbagai fitnah-fitnah yang tidak sesuai dengan kenyataan. Seperti produk kita sudah laris dipasaran lalu ada pesaing yang ingin menghancurkan usaha kita. 

Akan tetapi ketika kita sudah dikenal dengan kejujuran kita akan produk tersebut. Maka tidak semudah itu customer yang sudah berlangganan dengan kita dapat terpengaruh begitu saja.

4. Membuat hidup kita menjadi damai dan bahagia

Berperilaku dengan jujur menjadikan kita dapat memperoleh kepercayaan dari orang lain dengan mudah.

Saat kita sudah terbiasa mengatakan serta bersikap jujur, maka hidup kita akan jauh lebih damai dan berbahagia. Karena saat itulah kita tidak mempunyai hal yang disembunyikan, maka hati pun akan terasa tenang dan damai.

Seandainya kita mempunyai suatu kesalahan dalam pekerjaan kita dikantor. Kita lebih memilih berusaha untuk menyembunyikan hal tersebut agar tidak diketahui atasan. Yakinlah pasti hidup tidak akan terasa damai, pasti kita berpikir-pikir tiap saat bagaimana ya jika nanti diketahui sendiri oleh atasan?

Maka dari itu akuin saja apapun juga konsekuensinya. Maka hati kita akan terasa damai dalam menjalani aktivitas berikutnya.








Related Posts:

0 Response to "Jujur Dalam Segala Hal"

Post a Comment