Pentingnya Menjadi Diri Sendiri

 


Pentingnya Menjadi Diri Sendiri

Setiap orang mempunyai pengertian yang berbeda-beda tentang diri sendiri. Mereka mengijinkan orang lain menilai seperti apa diri mereka. Terdapat pula yang membiarkan orang lain untuk memutuskan tujuan dan cita-cita individu. Padahal menjadi diri sendiri sangatlah penting untuk melalui kehidupan yang lebih baik. 

Menjadi diri sendiri memerlukan proses belajar dan pemahaman. Terkadang dari diri sendiri timbul pemikiran tidak nyaman dan perasaan tidak percaya diri. Pemikiran ini membuat kita merasa ragu dalam mejalankan sesuatu.

Menjadi diri sendiri itu sangatlah penting, tetapi bukan berarti kita harus egois. Menjadi diri sendiri adalah mengerti akan diri kita sendiri apa adanya, serta menjalankan hidup terlepas dari opini orang lain. Setiap orang berhak menjalani hidup sesuai dengan prinsip mereka. Hal tersebutlah yang menjadikan betapa pentingnya memahami diri sendiri agar dalam menjalani hidup menjadi lebih bahagia.

Cara menjadi diri sendiri

Secara garis besar, menjadi diri sendiri adalah jujur terhadap apa adanya diri anda. Menjadi diri sendiri lebih baik daripada harus menutup-nutupi agar dapat menarik perhatian atau respon dari orang lain. Kita harus berani mengambil sebuah langkah untuk mencoba menjadi seperti versi terbaik diri kita sendiri.

Berikut cara menjadi diri sendiri

1. Menerima diri kita apa adanya



Media sosial menjadikan seseorang lebih menarik diri sendiri. Bahkan rekan-rekan di media sosial mencoba mempertontonkan versi terbaik mereka. Banyak orang memakai edit foto agar tampilan foto menjadi lebih menarik perhatian kalayak ramai.

Media sosial berdampak terhadap proses menjadi diri kita sendiri. Beberapa orang merasa mereka tidak cukup tampan, bahagia, sukses dan lain sebagainya saat menonton media sosial

Salah satu contoh cara menjadi diri sendiri yaitu bisa menerima diri kita apa adanya. Proses ini memerlukan waktu, namun kita dapat mengevaluasi dan memperbaiki diri kita untuk menjadi lebih baik lagi. Contoh paling simpel adalah kita kurangi mengakses media sosial tersebut.

Kita akan menyadari bahwa dunia nyata jauh lebih penting dari pada foto atau video di dalam media sosial tersebut. Cobalah untuk lebih banyak melakukan aktivitas di luar tanpa harus menetapkan standar kebahagiaan di dalam media sosial.

2. Manfaatkan kelebihan kita



Berkata-kata negatif terhadap diri sendiri bisa mengganggu meraih tujuan. Perkataan negatif tersebut hanya fokus terhadap kelemahan dalam diri kita, dibandingkan dengan kelebihan yang kita miliki. Beberapa orang merasa minder bahkan kekecewaan yang menjadikan mereka semakin terpuruk

Kita dapat merubah pola pikir tersebut ke arah yang lebih positif. Cobalah untuk mengevaluasi dan memperbaiki kelemahan dengan kelebihan yang kita punya. Seperti kita sangat sukar untuk dapat berbicara di depan forum, lakukan latihan bicara sendiri atau mencari teman untuk membantu kita berlatih berbicara.

Menggunakan kelebihan tersebut meski hanya simpel namun sangat penting untuk dilakukan. Berusahalah untuk senantiasa mengevaluasi dan memperbaiki kelemahan kita, sehingga kita akan tersadar bahwa kita pun ternyata juga mempunyai kelebihan.

3. Tunjukan sisi lain dari kita




Tidak jarang orang-orang berusaha untuk menunjukan sisi terbaik mereka terhadap orang lain. Beberapa orang merasa rentan apabila ada sisi lain yang membuat lemah, marah, dan malu. Beberapa orang cemas terhadap tolak ukur dari pemikiran orang lain.

Tetapi kita dapat menampilkan sisi lain kita kepada orang yang kita kenal sebelumnya. Cobalah untuk merubah opini orang lain setelah menunjukan sisi lain kita. Apakah mereka akan menghindari kita atau malah akan menerima kita. Proses menunjukan sisi lain tersebut juga merupakan langkah kita untuk menerima diri sendiri.

4. Berhenti memikirkan opini orang lain



Memikirkan opini orang lain menjadikan kita lebih sulit untuk menjadi diri sendiri. Penilaian orang lain mampu mengubah sikap individu. Kita mesti harus berhenti memikirkan opini orang lain agar kita dapat menemukan jati diri kita sendiri. Kita harus belajar mengerti akan diri kita sendiri agar hidup kita jadi bahagia. Jangan ijinkan perasaan bahagia ini berubah hanya karena penilaian orang lain kepada kita.

5. Merubah pola pikir



Terbuka untuk perubahan merupakan suatu cara menjadi kita sendiri. Sebagai manusia, proses belajar untuk mencari jati diri harus dilakukan. Kita bisa merubah pola pikir kita tentang beberapa hal. Cara ini akan membantu kita dalam proses menjadi diri sendiri.

6. Mencari komunitas yang positif



Suatu proses penerimaan dan dukungan dapat dicari melalui sebuah komunitas. Kita dapat mengikuti aktivitas baru dalam komunitas tersebut. Berada di sekitar orang yang positif akan membantu kita untuk menumbuhkan karakter terbaik dari kita. Cara ini sangatlah penting, karena kita berada di tempat yang dapat menerima dan menyayangi kita apa adanya.

7. Melupakan masa lalu



Masa lalu kerap kali menjadi penghalang untuk kita dapat menjadi diri sendiri. Terdapat berbagai kenangan yang berkaitan dengan masa lalu yang menghalangi penerimaan diri. Setiap orang pasti memiliki kesalahan di masa lalu. Salah satu cara menjadi diri sendiri adalah berusaha melupakan masa lalu. Belajar dan mulai lepaskan perasaan bersalah dari kenangan masa lalu. Mulai lakukan yang terbaik untuk meraih impian di masa depan. Mulai fokuslah terhadap apa yang ada sekarang dan kurangi


Related Posts:

0 Response to "Pentingnya Menjadi Diri Sendiri"

Post a Comment