Berhenti Meremehkan Diri Sendiri !!!

Dalam kehidupan ini terkadang ada banyak hal tantangan atau hambatan yang rasanya seperti tidak mungkin dapat kita atasi. Mungkin karena faktor kita sering merasa dan menilai diri kita lemah, selalu berpikir bahwa diri kita tidak mungkin dapat menghadapi perkara yang sulit tersebut.

Dalam situasi seperti ini kita secara tidak langsung telah meremehkan diri kita sendiri. Percayalah semakin kita meremehkan diri kita sendiri semakin kecil pula harapan untuk kita dapat keluar dari segala hambatan dan rintangan tersebut. Padahal dalam setiap rintangan itu akan mendidik kita agar lebih dewasa dalam menyikapi situasi yang terjadi, akan tetapi jika kita selalu mengganggap diri kita tidak mampu maka sampai kapanpun semuanya tidak akan pernah berakhir.

Selalu merendah dan merasa tidak perlu berbangga diri memang sebenarnya ada baiknya. Akan tetapi, sifat ini terlihat jadi tidak baik apabila berujung pada kebiasaan meremehkan diri sendiri. Diri kita akan merasakan kerugian apabila selalu merendah dan meremehkan kemampuan diri kita.

Lebih buruknya lagi jika diri kita sampai mengalami beberapa hal berikut ini :

1. Tidak dihargai orang lain



Meremehkan keahlian diri kita sendiri adalah bentuk nyata bahwa kita kurang menghargai diri sendiri. Saat kita tidak dapat memberikan penghargaan kepada diri kita, bagaimana lagi orang lain dapat menghargai kita? Mari mencoba untuk lebih mengapresiasi apa saja hal yang telah kita kerjakan sebaik mungkin.

2. Merasakan diri kita kurang pantas 



Ketika kebiasaan meremehkan diri kita sendiri, kita pasti akan merasa tidak pantas apabila mendapat atau meraih suatu prestasi. Memang benar ini akan menjadikan kita tidak sombong dan berbangga diri. Melainkan, apabila dilanjutkan terus menerus, bisa-bisa orang disekeliling juga akan merasa kita tidak pantas mendapatkan hal tersebut.

3. Kehilangan rasa percaya diri



Meremehkan diri kita sendiri juga dapat mengakibatkan kehilangan rasa percaya diri. Orang yang mengalami hal tersebut kemungkinan besar akan memisahkan diri dari lingkungan sekeliling dan lebih suka menyendiri. Jadi, sahabat tidak bertambah, relasi tidak meluas, kesuksesan juga jadi terhambat.

4. Merasa rendah diri dan canggung dalam menghadapi apapun



Semakin sering meremehkan diri kita sendiri akan berimbas kepada pola pikir kita, lho. kita yang merasa tidak dapat dan tidak kompeten dalam segala aspek apa saja, tentunya lalu akan merasa canggung dan bahkan merasa tidak sanggup ketika harus meghadapi dengan suatu pekerjaan. efek buruknya, semua yang kita kerjakan menjadi setengah-setengah dan hasilnya pula juga jadi tidak bagus.

5. Sulit menemukan jati diri bahkan sampai kehilangan



Dampak paling buruk apabila kita selalu meremehkan diri kita sendiri adalah kita akan sulit menemukan jati diri bahkan sampai kehilangan. Kita yang seharusnya memiliki kemampuan dalam suatu bidang, atau kreatif dan inovatif dalam menghasilkan suatu pemikiran atau gagasan, malah harus kehilangan itu seluruhnya karena tidak dapat menunjukan penghargaan pada diri kita sendiri. Mudah-mudahan jangan sampai terjadi begini ya.

Merendah memang diperlukan agar kita tidak sombong, akan tetapi jangan biarkan diri kita terjebak di dalam situasi dimana kita harus meremehkan diri kita sendiri



Related Posts:

0 Response to "Berhenti Meremehkan Diri Sendiri !!!"

Post a Comment