Ketekunan



 Ketekunan


Tak bisa dihindari bahwa apa yang kita lakukan saat ini adalah hasil dari sesuatu yang kita lakukan terus-menerus. Kita tidak dapat berjalan kalau waktu kecil kita tidak berlatih berjalan dengan keras, bahkan dalam proses latihan itu kita tak jarang terjatuh namun kita bangkit lagi dengan harapan kita pasti dapat berjalan. Seperti itulah jatuh bangun yang kita rasakan dan pada akhirnya saat ini berjalan tidak lah menjadi masalah lagi bagi rutinitas kita. Yang dulu kita anggap sebagai sesuatu yang sukar namun saat ini berubah menjadi sesuatu kebiasaan yang sangat mudah kita lakukan. Intinya adalah ketekunan. 

Ketekunan merupakan kemampuan kita untuk dapat bertahan di tengah masalah dan kesulitan. Dengan ketekunan maka sesuatu yang sukar akan jadi lebih mudah. 

Ketekunan sering kali berawal dari sesuatu yang kita senangi, akan tetapi sering kali kita membutuhkan ketekunan untuk melakukan sesuatu yang tidak kita senangi. Ketekunan menjadi kunci penting yang wajib dipunya setiap orang yang berkeinginan untuk sukses dalam hidupnya. Seorang atlet untuk mendapatkan prestasi yang tinggi akan menghabiskan waktu yang banyak untuk terus tekun berlatih.

Sebagai contoh Cristiano Ronaldo, pemain sepakbola ini dikenal sampai sekarang ini. Bahkan hampir seluruh penjuru dunia tau akan kisah sukses Cristiano Ronaldo. Kita semua tau dalam mencapai kesuksesan tersebut betapa keras nya dia berlatih. Dia terus mengasah kemampuannya dalam menendang bola, mengoper, mendrible bahkan terus melatih ketahanan tubuhnya sampai di usia nya sekarang ketahanan tubuhnya lebih muda dari pada umurnya. Dia pertama memulai kariernya di klub Sporting CP, lalu berkat aksi gemilangnya dia dilirik oleh klub besar Manchester United. Dan akhirnya dia mampu meraih gelar pemain terbaik dunia. Cristiano Ronaldo memiliki tujuan dalam hidupnya terkhusus dalam bidang sepakbola yang selalu ditekuninya. Bukan hanya mempunyai tujuan, tapi dia juga selalu berjuang untuk mewujudkannya. 

Banyak dari kita mempunyai mimpi dan harapan dalam hidup kita tetapi tidak banyak orang yang dapat mencapainya, hal ini terjadi karena banyaknya aspek yang membuat kita gagal mencapainya. Aspek yang dapat merebut mimpi kita dapat hadir dari dalam maupun luar diri kita. Aspek yang terbesar terdapat dalam diri kita sendiri seperti mudah menyerah, tidak konsisten, kemalasan, suka menunda-nunda, sudah hidup di di zona nyaman dan lain sebagainya, sedangkan yang dari luar adalah keluarga, lingkungan tempat kita tinggal dan pergaulan kita dan lain-lain. berhati-hatilah dalam menyikapi aspek atau hal tersebut, saat kita sedang tekun mengejar mimpi kita, pasti ada sesuatu hal yang membisikkan kita untuk berhenti melangkah, berlatih. Hal itu selalu datang dan pasti datang. Respon kita adalah harus selalu optimis dengan tujuan awal kita, bertekunlah untuk mencapai mimpi kita dan nikmatilah prosesnya.

Sebuah langkah besar berawal dari langkah kecil. Jangan berhenti di langkah pertama. Kita tetap harus mengambil atau melangkah ke tahap berikutnya. Memang semakin jauh kita berjalan, semakin banyak halangan dan masalah yang akan menghadang. Coba renungkan, apabila dulu kita berhenti untuk belajar berjalan, maka sampai sekarang ini kita masih belum dapat berjalan. Apapun yang kita kerjakan, jangan sampai kita kehilangan ketekunan, karenan ketekunan adalah daya tahan kita. 

Langkah awal keberhasilan mulailah dari diri kita sendiri. Jadikan kebiasaan melakukan sesuatu dengan tekun dan bersumber dari dalam hati. Saat kita melakukan sesuatu pastikan selalu diikuti dengan ketulusan hati. Karena ketekunan akan selalu bertahan apabila kita menjalankan segala sesuatu dengan hati yang tulus.

Cara untuk melatih ketekunan :

1. Mulai menetapkan Tujuan hidup



Langkah yang paling mudah adalah mulai belajar membagi hari menjadi sebuah tujuan yang jelas. Anggap saja ini menjadi sebuah daftar tugas sehari-hari yang diprioritaskan secara detail.

Mempunya daftar tugas atau kegiatan merupakan cara yang dianggap paling sederhana dan termudah untuk meyakinkan seseorang agar dapat fokus dan tekun dalam menjalankan sesuatu. Selain itu, buatlah target setiap harinya. Cara nya cukup mudah tinggal perlu mengatur kegiatan dan tugas atau target dengan menulis dibuku maupun di HP.

2. Menetapkan dan menghargai waktu



Sering sekali dalam hidup ini kita selalu menunda-nuda pekerjaan, padahal kebiasaan ini adalah kebiasaan yang paling buruk. Dalam hal ini mesti diperhatikan dan wajib untuk dirubah. Tenggat waktu dapat menjadi langkah yang sangat bagus untuk mengatur penundaan. Tetapi menetapkan waktu yang dipaksakan pun juga tidak baik, karena dapat memfosir tenaga kita dan pastinya hasilnya tidak akan memuaskan.

Setelah kita menetapkan tenggat waktu, maka kita wajib untuk menghargai waktu tersebut. Jangan sampai hal ini tertunda lagi sehingga melewati tenggat waktu yang telah kita tetapkan.

3. Jauhkan benda-benda yang dapat mengalihkan fokus



Menjauhkan benda-benda yang dapat mengalihkan fokus kita untuk tekun dalam menjalankan sesuatu teramat penting. Terkadang benda tersebut lah yang membuat kita menjadi malas, atau melupakan apa yang harus kita lalukan untuk mencapai tujuan yang sudah kita tetapkan.

Sebagi contoh Gadget, padahal kita masih memerlukan suatu fokus untuk mencapai kesuksesan, akan tetapi karena adanya gadget tersebut fokus kita terpecah. Paling tidak matikan saja notifikasinya agar fokus kita tetap tertuju pada tujuan yang telah kita tetapkan.

4. Melatih pikiran untuk melakukan pekerjaan yang mendalam



Untuk menjadi orang yang tekun, setiap orang membutuhkan pelatihan pikiran ketika melakukan pekerjaan yang mendalam. Hal ini merupakan kemampuan untuk membuahkan perkejaan yang maksimal dan optimal.

Mungkin hal ini terdengar mudah, akan tetapi sebagian orang masih jarang menjalankannya. Cobalah untuk meluangkan beberapa jam di setiap harinya dan fokus kepada satu pekerjaan tanpa adanya gangguan. Jika menerapkan cara ini tentu akan memungkinkan seseorang dalam melatih kekuatan pikiran dan membuat kemajuan yang jauh lebih besar.

5. Istirahat



Istirahat bisa menjadi salah satu strategi yang menghasilkan manfaat yang luar biasa untuk pikiran seseorang. tidak butuh lama, bahkan istirahat sebentar saja bisa mendorong kreativitas dan memacu otak untuk memunculkan sebuah inspirasi.

Mengambil istirahat sebentar dari pekerjaan akan memungkinkan pikiran kita untuk mengatur ulang dan mengembalikan semangat. Saat terasa lelah, coba untuh menjauh dari meja kerja selama beberapa menit dan lakukan peregangan.

Memaksakan pikiran untuk menggapai kesuksesan tidaklah baik. Bersabar dan tetapkan cara-cara seperti diatas untuk menjadi lebih tekun, dan selalu fokus dalam proses menjadi seorang yang cerdas dan sukses.


Related Posts:

0 Response to "Ketekunan"

Post a Comment