16 Manfaat Sawi Bagi Kesehatan Tubuh yang Wajib Anda Ketahui

Sawi Hijau


Manfaat Sawi Bagi Kesehatan Tubuh

Apakah Anda suka makan sayur sawi? Anda wajib ketahui, apa saja aneka ragam manfaat sawi bagi kesehatan tubuh berikut ini.

Sayuran sawi bersumber dari wilayah Himalaya lebih dari 5.000 tahun yang lalu dan pertama kali dikelola di Sichuan, Cina.

Sawi merupakan sayuran berdaun yang menyamai daun bayam versi India dan berkerabat dekat dengan kubis, collard greens dan kangkung.

Sawi hijau diyakini sebagai makanan super karena memiliki kandungan gizi yang tinggi.

Seperti sayuran berdaun gelap yang lain, sawi merupakan sumber makanan yang kaya serat, mineral, vitamin, dan fitonutrien yang mempunyai banyak nilai gizi bersama dengan rasanya.

Sawi sangat rendah kalori, namun penuh dengan mikronutrien seperti vitamin A, C, dan K dan mineral penting bagi tubuh seperti kalsium dan mangan.

Manfaat sawi untuk kesehatan sangat beraneka ragam, seperti sumber antioksidan untuk tubuh, detoksifikasi tubuh, mengelola kadar kolesterol, memenuhi serat dan manfaat lainnya.

Manfaat Sawi Bagi Kesehatan Tubuh

sayuran hijau


Tapi, nutrisi yang diperoleh dari sawi secara umum sudah dihubungkan dengan banyak manfaat kesehatan. Lalu, apa saja manfaat sawi bagi kesehatan?

1. Kaya Akan Antioksidan

Antioksidan merupakan sebuah senyawa tanaman alami yang dapat membantu menjaga tubuh dari stres oksidatif yang disebabkan karena paparan radikal bebas yang berlebihan.

Radikal bebas merupakan molekul tidak stabil yang bisa merusak sel di dalam tubuh.

Riset telah menunjukkan bahwa seiring berjalannya waktu, kerusakan tersebut bisa mengakibatkan situasi kronis yang serius, seperti penyakit jantung, kanker dan penyakit Alzheimer.

Manfaat sawi hijau ini secara umum merupakan sumber antioksidan yang kaya seperti flavonoid, beta karoten, lutein, dan vitamin C dan E.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

sistem imunitas tubuh


Manfaat sawi juga baik bagi sistem imunitas tubuh Anda dan keluarga karena memiliki kandungan vitamin C.

Vitamin C merupakan vitamin yang larut di dalam air dan sangat penting untuk sistem imunitas yang kuat.

Tidak memperoleh cukup vitamin C dalam makanan bisa membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lemah sehingga seseorang dapat menjadi lebih rentan terkena penyakit.

Di samping itu, vitamin A yang terkandung dalam sawi juga mendukung respons kekebalan tubuh.

Ini dilakukan dengan mempromosikan pertumbuhan dan distribusi sel T, yang merupakan jenis sel darah putih yang diperlukan dalam membantu melawan potensi infeksi.

3. Bermanfaat Untuk Kesehatan Jantung

Manfaat sawi bagi kesehatan tubuh berikutnya adalah bagi kesehatan jantung, karena sarat dengan antioksidan seperti flavonoid dan beta karoten.

Dua senyawa tersebut telah dihubungkan dengan penurunan potensi risiko pengembangan dan kematian karena penyakit jantung.

JRSM Cardiovascular Disease telah menemukan bahwa asupan tinggi sayuran berdaun hijau dihubungkan dengan penurunan potensi risiko penyakit jantung yang signifikan atau sebesar 15%.

4. Membatu menurunkan Kadar Kolesterol

Seperti sayuran hijau yang lain, manfaat sawi memiliki senyawa yang membantu mengikat asam empedu dalam sistem saluran pencernaan seseorang.

Hal tersebut penting, karena mencegah reabsorpsi asam empedu juga akan berhubungan dengan menurunkan kadar kolesterol

Menurut sebuah riset tabung reaksi, mengukus sawi secara signifikan akan membantu meningkatkan efek pengikatan asam empedu.

Hal itu menunjukkan bahwa sawi kukus mungkin mempunyai sebuah potensi dalam menurunkan kolesterol yang lebih besar, jika dibandingkan dengan memakannya secara mentah.

5. Baik Bagi Kesehatan Mata

Salah satu antioksidan yang terdapat dalam sawi adalah lutein dan zeaxanthin, yang sudah terbukti bermanfaat bagi kesehatan mata.

Secara khusus, kedua senyawa tersebut membantu menjaga retina seseorang dari kerusakan oksidatif, dan membantu menyaring cahaya biru yang berpotensi berbahaya.

Hasilnya, riset menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi makanan yang kaya lutein dan zeaxanthin bisa membantu melindungi dari degenerasi makula terkait usia, yang merupakan faktor utama penyebab kebutaan di seluruh dunia.

6. Mempunyai Efek Antikanker

Disamping sebagai sumber antioksidan yang kuat, manfaat sawi juga berpotensi mempunyai efek antikanker, mengingat sayuran sawi juga memiliki kandungan senyawa berkanfaat yang disebut glukosinolat.

Dalam jurnal Molecules, glukosinolat sudah terbukti dalam membantu menjaga sel dari kerusakan DNA dan mencegah berkembangnya sel kanker. Tapi, manfaat ini belum pernah dipelajari pada manusia.

7. Membantu Dalam Proses Detoksifikasi Tubuh

Manfaat sawi bagi kesehatan tubuh berikutnya adalah membantu dalam proses detoksifikasi tubuh. Tubuh seseorang mungkin akan menumpuk racun dari waktu ke waktu. Hal tersebut bisa dari makanan yang dikonsumsi atau pengaruh lingkungan terhadap tubuh.

Oleh sebab itu, membersihkan tubuh dari dalam dibutuhkan untuk melindungi kesehatan hati dan pencernaan.

Manfaat sawi dapat menjadi sebuah agen detoksifikasi alami karena memiliki kandungan antioksidan yang menargetkan racun dalam tubuh, menghilangkannya dan membuangnya lewat buang air besar.

Turunan klorofil dalam sawi mampu membantu menetralkan logam berat dan bahan kimia di dalam tubuh.

8. Kaya Akan Serat

Serat melindungi tubuh dan memberikan momentum dalam mengubah makanan menjadi sebuah energi.

Serat makanan tersebut diperoleh lewat sayuran sawi. Oleh karena itu, manfaat sawi bisa mengganggu penyerapan kolesterol jahat di dalam usus.

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi sawi dan bermacam-macam sayuran berdaun hijau lainnya cenderung tidak mudah terkena penyakit seperti kanker usus besar, wasir, dan sembelit.

Serat yang tinggi diyakini bisa mengurangi kadar kolesterol serum pada tubuh dan memastikan pergerakan usus yang memadai.

Manfaat serat dalam sawi juga bisa mengurangi risiko hipertensi dan penyakit jantung karena serat makanan dapat membersihkan arteri untuk memungkinkan tingkat tekanan darah yang benar.

9. Sumber Fitokimia

Sayuran berdaun hijau adalah sumber fitonutrien kuat yang berguna bagi tubuh manusia. Senyawa tersebut melakukan mekanisme menjaga tanaman dan tubuh manusia dari penyakit dan gangguan lingkungan.

Glukosinolat dan fenol yang tinggi dalam sawi, tentu saja merupakan manfaat sawi untuk memperkuat tubuh dari dalam.

10. Membantu Mengobati Psoriasis

Psoriasis merupakan penyakit autoimun, inflamasi, kronis, dan peradangan. Lesi yang diakibatkan oleh psoriasis bisa diobati dengan sawi.

Dikutip dari Natural Food Series, manfaat sawi dapat memfasilitasi stimulasi enzim seperti superoksida dismutase dan katalase yang mampu menenangkan peradangan dan mengurangi rasa nyeri pada orang yang menderita psoriasis.

Riset yang berlangsung saat ini sedang mencoba mengisolasi senyawa yang bertanggung jawab atas sifat anti-inflamasi lewat biji sawi dan sayuran hijau.

11. Mengurangi Gejala Penyakit yang berhubungan dengan Menopause

Menopause sering kali disertai oleh kehilangan kepadatan tulang dan ini mempengaruhi lebih dari 45% wanita.

Kombinasi kalsium, magnesium, dan vitamin K yang diperoleh dalam sawi dapat melindungi kepadatan tulang dan struktur kerangka tetap terkontrol.

Manfaat sawi juga bisa menjaga tubuh dari penyakit seperti osteoartritis dan osteoporosis, yaitu penyakit yang sering dihubungkan dengan menopause.

12. Membantu Dalam Mengobati Gangguan Pernapasan

Manfaat sawi bagi kesehatan tubuh selanjutnya adalah sebagai sumber vitamin dan mineral yang sangat baik dalam melindungi infeksi virus seperti flu dan pilek.

Vitamin C yang terkandung di dalamnya, sangat membantu dalam mengurangi radang sinus dan menurunkan risiko penyakit asma.

Sayuran sawi merupakan ekspektoran yang sangat baik dan membantu melegakan saluran hidung dengan mengeluarkan lendir.

Sayuran sawi dipakai dalam pengobatan Ayurveda karena sensasi hangat yang diberikannnya.

Manfaat Sawi Putih untuk Kesehatan

Tidak hanya sawi hijau saja, ternyata ada juga aneka ragam manfaat sawi putih untuk kesehatan tubuh Anda.

13. Mampu membantu Kesehatan Tulang yang Kuat

Manfaat sawi putih bagi kesehatan tubuh adalah dapat membantu kesehtan tulang yang kuat. Kandungan vitamin K dan Kalsium dalam sawi putih menjalankan peranan penting dalam melindungi gigi dan tulang agar tetap kuat.

Kalsium juga membantu meningkatkan fungsi kerja saraf, sementara itu vitamin K dapat meningkatkan pemecahan lemak dan pembekuan darah. Hal tersebut menjadi manfaat sawi putih yang wajib untuk diketahui.

14. Membantu dalam melawan Kelelahan dan Anemia

Rendahnya kadar hemoglobin dalam tubuh dapat membuat Anda merasa lelah dan kurang aktif.

Konsentrasi zat besi yang tinggi memberikan manfaat sawi putih dalam membantu tubuh menghasilkan hemoglobin dalam darah.

Hemoglobin melakukan peranan penting dalam membawa oksigen ke seluruh tubuh, sehingga dapat sangat membantu untuk merevitalisasi tubuh.

15. Membantu Proses Menurunkan Berat Badan

Sawi putih memiliki kandungan kalori dengan tingkat rendah meskipun mengandung banyak serat.

Sehingga, manfaat sawi putih dapat membantu memaksimalkan proses penurunan berat badan.

Baca Juga : Cara Diet Aman dan Sehat

16. Membantu melawan Infeksi dan Gangguan Kulit

Sawi putih bisa membantu melawan sejumlah infeksi kulit, termasuk eksim dan jerawat karena memiliki sifat antibakteri dan antiseptik yang penting.

Berbagai kelainan kulit yang dapat diatasi dengan mengonsumsi sawi putih ini antara lain noda, kerutan, perubahan warna kulit dan alergi kulit.

Manfaat sawi putih juga dapat membantu mencerahkan kulit, membuatnya lembut dan kenyal.

Baca Juga : Penyebab Penuaan Dini dan Cara Mencegahnya

Risiko Mengonsumsi Sawi

Anda telah mengetahui beraneka ragam manfaat sawi bagi kesehatan tubuh. Namun, alangkah baiknya apabila mengonsumsi sayuran tersebut dalam jumlah yang cukup ya.

Meski riset terbatas, sawi umumnya diyakini sangat sehat dan aman. Tapi, mereka bisa mengakibatkan reaksi yang dapat merugikan terhadap individu tertentu.

Sayuran sawi memiliki kandungan vitamin K yang tinggi, hal tersebut merupakan vitamin yang membantu pembekuan darah.

Sehingga, memakannya dalam jumlah banyak bisa mengganggu obat pengencer darah.

Oleh sebab itu, apabila Anda memakai pengencer darah, seperti warfarin, harus meminta saran kepada dokter sebelum memilih sayuran hijau tersebut dalam jumlah besar ke dalam pola makan, menurut Journal of Clinical Pharmacy and Therapeutics.

Di samping itu, sawi memiliki kandungan oksalat, yang bisa meningkatkan risiko batu ginjal terhadap beberapa individu apabila dikonsumsi dalam jumlah besar.

Apabila Anda rentan terhadap batu ginjal tipe oksalat, Anda mungkin akan membatasi sawi dalam menu makanan harian.

Bagi Anda atau anggota keluarga yang rentan mengalami alergi, alergi terhadap sawi tidak jarang terjadi.

Tapi, makanan lain yang bersumber dari tanaman sawi termasuk daun sawi, biji sawi, dan bunganya, minyak sawi, dan makanan yang mengandung bahan-bahan tersebut kemungkinan besar mengakibatkan reaksi pada orang dengan alergi sawi.

Gejala alergi mustard dapat ringan atau parah. Situasi tersebut pada umumnya datang segera setelah mengkonsumsi produk sawi.

Anda mungkin mengalami ruam atau perasaan geli dan gatal di mulut. Kesulitan bernapas juga bisa mungkin terjadi.

Mari, nikmati manfaat sawi dengan mengonsumsinya secara tepat.

Related Posts:

0 Response to "16 Manfaat Sawi Bagi Kesehatan Tubuh yang Wajib Anda Ketahui"

Post a Comment