10 Manfaat Kubis Bagi Kesehatan Tubuh yang Jarang di Ketahui Beserta Kandungan Nutrisinya

Kubis / Kol


Manfaat Kubis Bagi Kesehatan Tubuh yang Masih Jarang di Ketahui

Apabila Anda sedang menjalani program diet atau pola makan sehat, kubis merupakan sebuah pilihan awal yang baik. Makanan tersebut sangat mudah dijumpai, rasanya lezat, dan mudah juga untuk dimakan. Anda dapat membuatnya menjadi salad atau kimchi. Sejumlah manfaat kesehatan juga bisa dirasakan dari kubis, mulai dari baik bagi kesehatan jantung sampai kesehatan saluran pencernaan.

Kubis sering digolongkan ke dalam kelompok yang sama dengan selada karena bentuknya yang hampir sama. Tapi, sebenarnya keduanya hasil dari persilangan. Sayuran kubis terkenal memiliki nutrisi yang tinggi bermanfaat. Apabila Anda sedang mulai mencoba untuk memperbaiki pola makan, makan kubis merupakan sebuah pilihan yang baik. 

Kubis diyakini bisa membantu menjaga tubuh dari radiasi, mencegah kanker, dan menurunkan risiko penyakit jantung. Terdapat beberapa macam dan variasi kubis dalam warna hijau ke merah dan ungu, dan daunnya ada yang halus dan berkerut. Apabila tertarik mulai mengonsumsi kubis, lebih baiknya mulailah ketahui jenis dan manfaat kubis secara keseluruhan.

Baca Juga : Cara Mengetahui Kesehatan Ginjal dan Cara Menjaganya

Macam-Macam Jenis Kubis

Kubis / Kol


Mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran dari segala macam dihubungkan dengan penurunan risiko banyak kondisi kesehatan yang bisa merugikan.. Banyak riset menyatakan bahwa dengan banyak mengonsumsi kubis dapat mengurangi risiko diabetes, obesitas, penyakit jantung, dan kematian secara keseluruhan. 

Berikut macam-macam jenis kubis yang menarik untuk dikenali : Kubis hijau. Kubis ballhead Denmark. Kubis cannonball. Kubis gonzales. Kubis savoy. Kol merah. Kubis putih Belanda. Kubis parel. Napa kubis. Bok Choy. Kale. Kubis Tuscan. Kubis raja. Kubis Portugis.

Baca Juga : Cara Menjaga Gula Darah agar Tetap Normal

Manfaat Kubis bagi Kesehatan Tubuh

Sayuran tersebut dapat tumbuh di seluruh dunia dan bisa dijumpai dalam bermacam-macam hidangan. Seperti salad atau kimchi. Lalu, apa saja sih manfaat kubis bagi kesehatan tubuh? 

1. Memiliki kandungan nutrisi yang penting 

Kubis / Kol


Manfaat kubis bagi kesehatan tubuh yang pertama adalah memiliki kandungan nutrisi yang penting. Kubis memiliki kandungan vitamin A, zat besi, vitamin B6, dan folat. Nutrisi itu penting bagi banyak proses penting dalam tubuh. Contohnya metabolisme energi dan fungsi normal sistem saraf. Antioksidan yang terdapat di dalamnya mampu  menjaga tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh paparan radikal bebas. 

Baca Juga : Manfaat Vitamin B yang Wajib Anda Ketahui

2. Baik bagi Kesehatan Jantung



Manfaat kubis bagi kesehatan tubuh yang berikutnya adalah baik bagi kesehatan jantung. Anthocyanin yang terdapat pada kubis diyakini bisa membantu menjaga tubuh dari kanker dan menekan peradangan, penyebab penyakit kardiovaskular. Kandungan polifenol tinggi yang terdapat dalam kubis juga bisa menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Mereka bekerja dengan mencegah penumpukan trombosit dan menurunkan tekanan darah. 

3. Menjaga sistem Kekebalan Tubuh dan Pencernaan

Cara yang sering dijumpai ketika mengonsumsi kubis adalah dalam bentuk fermentasi seperti asinan kubis dan kimchi ala masakan Korea. Makanan itu memiliki kandungan probiotik yang baik bagi sistem kekebalan dan pencernaan.

Baca Juga : Cara Mengatasi Sembelit 

4. Membantu Dalam Menurunkan Tekanan Darah

Kubis merah merupakan sumber potasium yang sangat baik. Konsumsi lebih banyak kubis yang kaya kalium merupakan cara yang baik dalam mengurangi tekanan darah tinggi. Di samping itu, kubis juga bisa melindungi tekanan darah dalam kisaran yang sehat. 

5. Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol

Manfaat kubis yang tidak kalah pentingnya adalah dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Kubis memiliki kandungan zat yang sudah terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol LDL “jahat”, yaitu serat larut dan sterol tumbuhan. Serat larut diyakini mampu membantu menurunkan kadar kolesterol LDL dengan mengikat kolesterol dalam usus, dan melindunginya supaya tidak diserap ke dalam darah.

6. Sangat Mudah Dikonsumsi

Selain menyehatkan, kubis juga lezat dan mudah dikonsumsi. Kubis dapat dikonsumsi secara mentah, dimasak, atau ditambahkan ke dalam beberapa jenis hidangan, seperti salad, sup, dan semur. Sayuran serbaguna tersebut juga bisa difermentasi dan dibuat menjadi sebuah asinan kubis atau kimchi, yang saat ini kian terkenal berkat drama Korea.

7. Menurunkan Resiko Kanker

Manfaat kubis bagi kesehatan tubuh berikunya adalah mampu menurunkan resiko kanker. Kandungan vitamin C nya yang tinggi pada sayur kubis tidak hanya membantu mencukupi kebutuhan gizi harian saja, namun juga mempunyai manfaat dalam menjaga tubuh dari serangan radikal bebas. Radikal bebas sendiri merupakan molekul tidak stabil yang bisa merusak sel tubuh dan memicu bermacam-macam penyakit, termasuk kanker.

Tidak hanya itu, kubis juga memiliki kandungan senyawa sulforaphane yang diyakini berguna sebagai antioksidan sehingga bisa menangkal sel kanker. Senyawa sulforaphane ditemukan memiliki efek positif dalam menghambat kerja enzim histone deacetylase (HDAC). Enzim tersebut terlibat dalam pembentukan sel-sel kanker di dalam tubuh. Tapi , sampai saat ini para peneliti masih terus meniliti lebih lanjut manfaat sulforaphane yang ada pada sayur kubis dalam menghambat perkembangan sel-sel kanker.

8. Membantu Menyehatkan otak

Kubis merupakan sayuran yang diyakini bermanfaat dalam melindungi fungsi kognitif otak supaya tetap maksimal sejalan bertambahnya usia. Kandungan nutrisi yang terdapat pada kubis bisa membantu melancarkan aliran darah pada otak. Aliran darah yang lancar akan membuat otak lebih mudah mengingat, menyerap, dan memproses informasi. Academy of Nutrition and Dietetics bahkan menganjurkan sayur kubis untuk Anda yang ingin mempunyai sebuah ingatan kuat ketika hari tua nanti.

9. Membantu menurunkan peradangan

Manfaat kubis bagi kesehatan tubuh ini bersumber dari bermacam-macam kandungan antioksidan yang dipunyai. Sulforaphane merupakan salah satu macam antioksidan yang terdapat pada kubis yang memiliki peranan sebagai agen anti-inflamasi. Antioksidan bisa membantu mengatasi peradangan yang berlangsung di dalam tubuh, termasuk yang diakibatkan oleh infeksi.

Di samping itu, makan kubis secara rutin juga membantu tubuh lebih mudah mendeteksi peradangan yang terjadi. Semakin cepat tubuh mendeteksi bagian yang radang atau terkena infeksi, maka semakin cepat juga kerja sistem kekebalan untuk menyembuhkan peradangan itu.

10. Mampu membantu proses penyembuhan luka

Beberapa macam vitamin juga dapat melengkapi kandungan nutrisi pada kubis. Salah satunya yang mempunyai fungsi penting adalah vitamin K1. Vitamin K1 merupakan jenis vitamin K yang berasal  dari sayuran. Dalam satu buah sayur kubis paling tidak sudah memenuhi 85% kebutuhan vitamin K harian. Di dalam tubuh, vitamin K mempunyai peranan penting dalam proses pembekuan darah. Vitamin K bisa merangsang fungsi enzim dalam menutup luka sehingga mencegah risiko terjadinya perdarahan.

Kandungan nutrisi kubis

Sayur yang punya nama latin Brassica Oleracea ini pada umumnya menjadi menu sajian nikmat untuk lalapan, tumisan, sup sayuran, ataupun salad sayur.

kubis sering dijumpai dengan warna hijau pucatnya. Tapi, ada beberapa varietas kubis lain dengan warna, tekstur, dan bentuk yang lain-lain, seperti kol ungu, kubis sayoy, dan kubis napa alias sawi putih.

Tidak kalah dengan jenis sayuran lainnya, setiap macam kubis ini memberikan segudang nutrisi penting bagi kesehatan tubuh.

Menurut fakta gizi yang dijabarkan oleh Data Komposisi Pangan Indonesia, dalam 100 gram (g) sayur kol atau kubis memiliki kandungan gizi sebagai berikut: Energi: 51 kalori (Kal), protein : 2.5 gr, Karbohidrat: 8 gr, Serat: 3,4 gr, vitamin C: 16 miligram (mg), Kalsium : 100 mg, Vitamin B1: 0,4 mikrogram (mcg), Kalium: 100 mg, Natrium: 50 mg, Vitamin B2 (Ribovlavin): 0,1 mg, Niasin: 0,2 mg

Dari kandungan nutrisi tersebut, nampak bahwa sayur kubis utamanya memiliki serat, vitamin, dan mineral seperti kalium. Sebagai sayuran, kubis juga tergolong tinggi vitamin C. Tapi, kubis juga tidak kalah kaya kandungan zat gizi makronutrien seperti karbohidrat dan protein. Di sampingitu, terdapat beberapa kandungan lain yang juga melengkapi nutrisi sayur kubis yaitu besi, folat, vitamin K, serta antioksidan  dalam bentuk polifenol dan belerang.

Kubis merupakan makanan yang sangat sehat. Mereka mempunyai banyak nutrisi dan banyak mengandung vitamin C dan K. Dengan begitu banyak macam-macam jenis dan manfaat kesehatannya bagi tubuh, masukkanlah  kubis ke dalam menu harian Anda, ya.


Related Posts:

0 Response to "10 Manfaat Kubis Bagi Kesehatan Tubuh yang Jarang di Ketahui Beserta Kandungan Nutrisinya"

Post a Comment