Manfaat Kangkung Bagi Kesehatan Tubuh Beserta Segudang Kandungan Nutrisi

Manfaat Kangkung Bagi Kesehatan Tubuh Beserta Kandungan Nutrisi

kangkung


Kangkung atau water spinach merupakan salah satu sayuran yang memiliki daun berwarna hijau yang pasti sangat terkenal dalam masakan Asia Selatan dan Asia Tenggara.

Daun dan juga batangnya yang manis lembut, dan segar sangat digemari banyak kalangan untuk direbus atau ditumis.

Di Indonesia sendiri, tumis kangkung merupakan salah satu menu sayur pelengkap yang paling sering dihidangkan bersama ikan atau ayam goreng.

Kangkung termasuk golongan sebagai sayuran yang daunnya cukup cepat untuk tumbuh, dan kangkung juga termasuk dalam famili Convolvulaceae.

Dengan nama ilmiah Ipomoea aquatica, kangkung bukanlah berkerabat dekat bayam, melainkan kangkung lebih dekat dengan ubi jalar.

Tanaman kangkung mempunyai batang halus dan juga berongga yang sama dengan selada air, dan maka dari itu, kangkung disebut sebagai sayuran bertangkai dan berlubang (Kung Shin Tsai) di negara Cina.

Daun kangkung yang berwarna hijau, berbentuk mata panah mempunyai ukuran yang sangat beraneka ragam, dengan lebar mulai dari 2,3 hingga 7 cm.

Tanaman kangkung mempunyai bunga berwarna putih dengan tekstur menyerupai terompet dengan bagian tengah memiliki warna ungu.

Seringnya bunga akan muncul pada tahap akhir namun umumnya kangkung akan dipanen sebelum bunganya muncul.

Kangkung juga bisa dipanen hanya dalam kisaran 21 hari saja dengan sedikit perawatan atau perhatian.

Kangkung bisa tumbuh dengan baik dalam situasi panas dan lembap dan hanya memerlukan sedikit benih, pupuk, dan penyiraman secara teratur.

Kandungan Kangkung

Manfaat kangkung untuk kesehatan tidak dapat dianggap sebelah mata. Hal tersebut karena kangkung juga memiliki nutrisi yang tinggi.

Dalam 100 gram kangkung memiliki beberapa kandungan nutrisi seperti:

  • Kalori 18 kcal
  • Karbohidrat 3,17 g
  • Protein 2,5 g
  • Lemak 0,33 g
  • Serat 1,8 g
  • Vitamin A 410 mcg
  • Vitamin C 24,5 mg
  • Kalsium 86 mg
  • Zat besi 2,37 mg
  • Potassium 488 mg
  • Sodium 68 mg
  • Gula 0,36 g

Manfaat Kangkung Bagi Kesehatan Tubuh

kangkung


Berikut ini adalah berbagai manfaat kangkung bagi kesehatan tubuh yang wajib Anda ketahui:

1. Membantu Menurunkan Kolesterol

Manfaat kangkung bagi kesehatan tubuh yang pertama adalah untuk membantu menurunkan kolesterol secara alami.

Di samping itu, apabila Anda ingin mengurangi berat badan, kangkung juga dapat jadi sebuah alternatif yang tepat.

Riset pada Journal of Applied Sciences yang melakukan sebuah uji coba pada tikus sudah menunjukan bahwa konsumsi kangkung telah mengurangi kadar kolesterol serta triglikosida.

Manfaat kangkung tersebut juga dianggap datang karena kandungan seratnya yang tinggi. Dengan demikian, sayuran tersebut mempunyai peran utama dalam mengurangi kadar kolesterol.

Tapi, tampaknya masih diperlukan lebih banyak riset untuk membuktikan manfaat kangkung dalam melawan kolesterol jahat dalam tubuh.

2. Mampu Mengobati Penyakit Kuning dan Masalah Lever

Manfaat kangkung bagi kesehatan tubuh berikutnya adalah mampu mengobati penyakit kuning dan juga masalah pada lever. Sayuran kangkung juga telah dipakai dalam pengobatan Ayurveda untuk pengobatan penyakit kuning dan masalah lever.

Ekstrak tumbuhan tersebut diduga bisa memberikan penjagaan pada kerusakan hati karena bahan kimia akibat modulasi enzim detoksifikasi.

Hal tersebut karena kangkung mempunyai sebuah senyawa yang bersifat antioksidan dan bisa mematikan radikal bebas dalam tubuh.

3. Membantu Mengobati Anemia

Apabila Anda melihat kandungan gizi kangkung yang sebelumnya telah dijelaskan di atas, Anda tentunya melihat bahwa kangkung merupakan sayuran yang kaya akan zat besi.

Sehingga hal tersebut menjadi salah satu manfaat kangkung bagi kesehatan ibu hamil.

Kkarena daun kangkung yang mempunyai kandungan zat besi yang tinggi akan mencegah ibu hamil mengalami anemia, karena ibu hamil sangat memerlukan zat besi tambahan dalam makanan yang dikonsumsinya setiap hari.

Zat besi adalah sebuah mineral penting yang sangat diperlukan tubuh, terutama oleh sel darah merah dalam pembentukan hemoglobin.

Tapi, agar lebih aman, Anda harus meminta saran dengan dokter jumlah aman makan kangkung selama hamil.

Baca Juga : Manfaat Sawi bagi Kesehatan Tubuh yang Wajib Anda Ketahui

4. Membantu Mengatasi Gangguan Saluran Pencernaan dan Sembelit

Manfaat kangkung untuk mengatasi masalah saluran pencernaan adalah membantu memperlancar saluran pencernaan dan memberikan kelegaan dari beberapa masalah saluran pencernaan secara alami.

Hal tersebut karena kangkung memiliki kandungan serat yang amat tinggi. Sifat pencahar ringannya bermanfaat untuk orang yang terkena masalah gangguan saluran pencernaan dan sembelit.

Jus dari kangkung juga dianggap dapat meredakan sembelit. 

Sayuran tersebut nyatanya juga dipakai dalam proses pengobatan infestasi cacing usus, karenannya kangkung memiliki kandungan lateks yang dipakai sebagai agen pencahar.

Baca Juga : Cara Mengatasi Sembelit

5. Membantu Mengobati Masalah Diabetes

Manfaat kangkung bagi kesehatan tubuh berikutnya adalah membantu mengobati masalah diabetes. Makan kangkung secara teratur juga membantu dalam mengembangkan pertahanan pada stres oksidatif yang disebabkan karena diabetes.

Hal tersebut juga dapat menjadi salah satu manfaat kangkung bagi ibu hamil, karena diabetes gestasional (diabetes selama kehamilan) juga dapat teratasi.

Baca Juga : Cara Menjaga Gula Darah Tetap Normal

6. Memberikan Penjagaan terhadap Penyakit Jantung

Kangkung mempunyai nutrisi penting tertentu seperti vitamin A dan C serta konsentrasi beta-karoten yang tinggi.

Nutrisi tersebut bertugas sebagai antioksidan untuk menurunkan radikal bebas dalam tubuh, sehingga dapat mencegah kolesterol teroksidasi.

Kolesterol yang teroksidasi dapat menempel pada dinding pembuluh darah sehingga mengakibatkan penyumbatan arteri, serangan jantung atau stroke.

Di samping itu, folat yang terdapat pada kangkung juga dapat membantu mengubah bahan kimia berbahaya yang disebut homosistein, yang dalam kadar tinggi bisa mengakibatkan serangan jantung atau stroke.

Magnesium merupakan sebuah mineral untuk mengurangi tekanan darah dan juga memberikan penjagaan pada penyakit serangan jantung.

7. Membantu Mencegah Kanker

Manfaat kangkung bagi kesehatan tubuh selanjutnya adalah mencegah berkembangnya kanker yang terjadi pada sistem saluran pencernaan.

Karena, kangkung juga sarat dengan senyawa antioksidan.

Senyawa antioksidan yang terdapat pada kangkung akan membantu menurunkan radikal bebas dari tubuh, sehingga mengubah kondisi ketika sel kanker berkembang biak dan memperkokoh lingkungan sel alami.

Mengutip riset dari Journal of Applied Sciences, sayuran tersebut diyakini paling bermanfaat dalam mencegah kanker kolorektal dan perut serta kanker kulit dan payudara.

8. Membantu Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat kangkung juga dapat membantu menjaga kesehatan mata Anda. Kangkung mempunyai kandungan karotenoid, vitamin A dan lutein yang cukup tinggi. Nutrisi tersebut penting bagi kesehatan mata.

Kangkung juga dapat meningkatkan kadar glutathione, yang berperan penting dalam mencegah katarak.

9. Membantu Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kangkung merupakan sayuran yang memiliki segudang nutrisi, terlebih lagi dengan harganya yang tidak menguras kantong, Anda pasti dapat dengan mudah memperolehnya.

Sayuran berdaun hijau tersebut juga merupakan cara yang murah dan alami dalam membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh apabila dibandingkan dengan suplemen vitamin C.

Konsumsi sayuran berdaun hijau tersebut secara rutin mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan perkembangan tulang yang sehat.

Nutrisi yang terdapat pada sayuran kangkung juga memiliki andil pada tubuh yang sehat dengan menetralkan dan membuang racun.

Baca Juga : Makanan Sehat yang Perlu di Konsumsi Setiap Hari

Manfaat Kangkung untuk Kecantikan

Mungkin Anda hanya berpikir bahwa manfaat kangkung cuma untuk kesehatan secara umum saja.

Tapi, manfaat kangkung untuk kesehatan juga tidak kalah banyak. Dilansir dari Stylecraze, berikut ini merupakan manfaat kangkung untuk kecantikan:

10. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat kangkung untuk kecantikan pertama adalah mencegah penuaan dini. Sayuran berdaun hijau seperti kangkung memiliki kandungan antioksidan kimiawi yang tinggi sehingga dapat mencegah kerusakan sel karena radikal bebas dalam tubuh.

Hal tersebut juga akan membuat sel kulit lebih tahan dari kerusakan karena paparan sinar matahari dan mengurangi masalah kerutan pada wajah sampai batas tertentu.

Dengan begini, Anda dapat makan kangkung lebih sering secara rutin untuk mencegah penuaan dini.

Baca Juga : Penyebab Penuaan Dini dan Cara Mencegahnya

11. Membantu Mengobati Penyakit Kulit

Manfaat kangkung untuk kecantikan yang berikutnya adalah membantu mengobati penyakit kulit. Tunas pada kangkung bisa dipakai untuk obat dalam mengatasi masalah penyakit kulit seperti kurap, kaki atlet dan masih banyak lagi.

Sayuran tersebut juga membantu dalam mencegah kanker kulit dan dipakai untuk mengobati jerawat, eksim dan psoriasis.

12. Mampu Meremajakan Kulit

Minum jus kangkung faktanya sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit karena jus kangkung dapat membuat kulit selalu terlihat segar kembali dengan membuang racun berbahaya dari tubuh.

Konsumsi jus kangkung secara rutin mampu membantu dalam penyembuhan gangguan kulit seperti jerawat.

Sebenarnya manfaat kangkung untuk kulit sudah diketahui sejak lama. Seperti yang ditunjukan sebelumnya, sayuran tersebut adalah sumber vitamin A, vitamin C, karotenoid, dan lutein.

Mineral tersebut sangat penting bagi kulit yang sehat dan bercahaya. Mengkonsumsi kangkung secara teratur membantu melindungi kulit tetap nampak bercahaya dan sehat.

13. Melindungi Keindahan Rambut

Manfaat kangkung untuk kecantikan yang terakhir adalah melindungi keindahan rambut. Seperti yang Anda ketahui, nutrisi yang tepat adalah sebuah hal penting untuk melindungi kesehatan kulit kepala dan rambut.

Beberapa macam nutrisi yang terdapat pada kangkung bermanfaat untuk rambut.

Jus kangkung sangat berguna untuk pertumbuhan rambut dan mencegah rambut dari kerontokan. Jus kangkung juga dapat meningkatkan kualitas dan tekstur rambut.

Tips Menanam Kangkung di Rumah



Pada umumnya setelah 46 hari usai pembibitan, kangkung sudah siap untuk dipanen.

Apabila Anda menanam kangkung di rumah, sisakan sekitar 4 cm dari batang bawah untuk membantu pertumbuhan baru agar nantinya dapat dipanen kembali.

Panen sebelum bunganya mekar agar memperoleh rasa terbaik.

Di pasaran, kangkung dijual per-ikat dengan bermacam-macam ukuran dan berat. Carilah jenis daun besar yang berwarna hijau tua karena lebih beraroma ketimbang jenis daun yang kecil.

Hindari daun yang layu dan sudah kekuningan. Juga hindari sayuran hijau yang sudah rusak dan terserang serangga.

Tips Menyimpan Kangkung

Daun kangkung lebih cepat rusak jiapabila ka tidak disimpan di lingkungan yang sejuk. Masukkan kangkung ke dalam toples bening beralaskan tisu dapur, kemudian simpan di dalam kulkas.

Toples berguna supaya daun kangkung tidak tertindih oleh sayur atau buah-buahan yang lain di dalam kulkas, sedangkan tisu dapur berfungsi dalam menghisap kelembapan di daun, sehingga kangkung akan tetap terlihat segar.

Hindari meletakan kangkung di samping buah-buahan yang terlalu matang, karena akan menjadikan kangkung cepat layu.

Sebelum dimasak, cuci memakai air bersih yang mengalir kemudian rendam dalam air garam selama sekitar setengah jam agar dapat menghilangkan telur parasit dan cacing yang mungkin saja terdapat di dalamnya.

Lalu keringkan dengan kain lembut atau handuk kertas. Potong memakai pisau khusus sayuran dan potong batang yang keras.

Tips Dalam Mengolah Kangkung

Tunas muda yang empuk dapat dimakan mentah dalam menu salad, sementara daun yang lebih besar harus dimasak sebelum dimakan.

Sayuran kangkung mempunyai rasa manis yang sangat lembut dan halus serta tekstur yang memiliki sedikit lendir.

Steam cook atau braising memberikan rasa unik dan tekstur kontras antara batang yang renyah dan daun yang segar serta lembab.

Tumis dengan menggunakan bahan mentega dan bawang putih, aduk dengan sedikit cuka, dan campur dengan taburan biji wijen panggang.

Berikut beberapa tips penyajian:

  • Tunas kangkung yang segar dan empuk dipakai dalam salad hijau.
  • Batang dan daun muda direbus, dikukus atau ditumis terlebih dahulu dengan minyak, dan diapaki dalam beberapa menu masakan seperti semur dan kari.
  • Tumis kangkung yang dikombinasikan dengan cabai dan terasi merupakan menu hidangan kangkung yang sangat khas dari Indonesia.
  • Batang dan daun muda cincang halus dapat ditumis dengan minyak dan bawang putih dipakai sebagai isian dimsum.
  • Kangkung juga adalah pengganti yang baik untuk sayuran yang memiliki daun berwarna  hijau yang lain seperti bayam, lobak, serta untuk beberapa resep masakan.

Manfaat kangkung bagi kesehatan tubuh ternyata sangat banyak kan? Kangkung juga aman untuk dimakan.

Tapi, kangkung mungkin memiliki kandungan banyak cacing yang terbawa dari air yang bisa mengakibatkan beberapa gejala seperti sakit perut, diare, demam, reaksi alergi pada larva, dan dalam kasus serangan berat adalah gangguan pada usus.

Maka dari itu, pastikan Anda telah mencuci dengan benar dan memasak kangkung sampai benar-benar matang untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Related Posts:

0 Response to "Manfaat Kangkung Bagi Kesehatan Tubuh Beserta Segudang Kandungan Nutrisi"

Post a Comment