10 Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh Manusia Supaya Tidak Mudah Sakit


Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh


Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh Manusia Supaya Tidak Mudah Sakit

Supaya tidak mudah terkena virus dan bakteri yang menjadikan tubuh sakit, Anda membutuhkan cara untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Sistem kekebalan tubuh merupakan sekelompok sel-sel yang berada pada tubuh, protein, dan organ khusus yang bekerja sama untuk menangkal segala jenis hal yang dapat membahayakan tubuh, misalnya saja virus dan bakteri atau zat-zat asing lainnya.

Oleh karena itu, tubuh Anda tidak akan mudah terkena penyakit yang disebabkan oleh faktor-faktor yang menyerang tubuh.

Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh Manusia

Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh


Kekebalan tubuh tersebut dapat ditingkatkan dengan beraneka macam cara. Beberapa di antaranya sangat mudah dijalankan sehingga Anda dapat melakukannya setiap hari.

Terdapat beberapa cara meningkatkan kekebalan tubuh manusia seperti yang tertuang di bawah ini!

1. Miliki Waktu Tidur dan Istirahat yang Cukup

Waktu Tidur Cukup


Cara meningkatkan kekebalan tubuh manusia yang pertama adalah dengan memiliki waktu tidur dan istirahat yang cukup.

Ketika tidur, tubuh akan memperbaharui sel-sel yang rusak dan juga membentuk sistem kekebalan tubuh secara alami sehingga imunitas tubuh dapat ditingkatkan dengan baik.

Menurut sebuah jurnal riset yang berjudul Behaviorally Assessed Sleep and Susceptibility to the Common Cold, orang dewasa yang memiliki waktu tidur kurang dari enam jam akan lebih rentan terkena flu apabila dibandingkan dengan orang dewasa yang memiliki waktu tidur lebih dari enam jam dalam sehari.

Orang dewasa memang pada umumnya mempunyai jam waktu tidur antara 7-8 jam per harinya. Sedangkan bagi anak-anak pada umumnya 10-12 jam per hari.

Apabila Anda mengalami masalah sulit tidur, cobalah untuk menjalankan meditasi, kurangi pemakaian gadget, sampai konsumsi green tea atau peppermint tea agar tubuh dapat lebih rileks.

Baca Juga : Pentingnya Memiliki Waktu Tidur Cukup dan Berkualitas

2. Olahraga Secara Teratur

Olahraga Rutin


Cara meningkatkan kekebalan tubuh manusia berikutnya adalah dengan melakukan olahraga secara teratur. Olahraga sangat dibutuhan sebagai salah satu cara untuk  meningkatkan kekebalan tubuh. Olahraga yang dilakukan tidak mesti harus berat, Anda cukup melakukan olahraga ringan sampai sedang, namun dijalankan setiap hari selama 30 menit hingga 1 jam lamanya.

Hal tersebut diperkuat pada jurnal Exercise and the Regulation of Immune Functions yang menjelaskan jika olahraga sedang dapat meningkatkan sistem kekebalan dalam tubuh asalkan dilakukan secara rutin dan teratur.

Saat berolahraga, tubuh akan membuang banyak hormon yang dapat membantu tubuh mengurangi stres dan memperkuat otot dalam tubuh. Olahraga sedang tersebut seperti bersepeda, jogging, berenang, sampai lompat tali.

Baca Juga : Bahaya Stres Berkepanjangan dan Cara Mengatasinya

                    Manfaat Olahraga Rutin

3. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Air Putih


Konsumsi air putih yang cukup juga bisa menjadi salah satu cara meningkatkan kekebalan tubuh. Tubuh yang terhidrasi dengan baik diyakini dapat membuat Anda tidak mudah terserang sakit.

Sebenarnya hidrasi tidak seluruhnya dapat menjaga Anda dari bakteri dan virus, namun dapat melindungi metabolisme tubuh dengan baik.

Dari jurnal riset Water, Hydration and Health ditunjukan bahwa apabila ketika Anda  mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh, maka akan terdapat banyak efek yang pasti dirasakan, dimulai dari sakit kepala, mudah lelah, tidak fokus, sampai terjadinya masalah gangguan pada ginjal dan hati.

Komplikasi permasalahan tersebut dapat berakibat buruk pada sistem kekebalan tubuh tentunya. Jadi meski tidak dapat sepenuhnya menjaga dari serangan virus dan bakteri, namun dengan terhidrasi secara baik, maka kesehatan tubuh dapat tetap terlindungi dengan baik. Dengan begitu kekebalan tubuh secara tidak langsung akan naik.

Dapat digambarkan hidrasi tersebut adalah mata rantai yang dibutuhkan dalam cara meningkatkan kekebalan tubuh.

Setiap harinya, Anda disarankan untuk mengonsumsi 8 gelas atau sekitar 2 liter air putih. Dapat berupa air putih dingin ataupun hangat.

Baca Juga : Manfaat Air Putih bagi Tubuh

4. Memiliki Pola Makan yang Teratur

Pola Makan Teratur


Memiliki pola makan yang teratur sangat berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia. Pola makan juga harus tetap dijaga apabila mendambakan imunitas tubuh dapat meningkat. Makanlah tiga kali sehari dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan gizi.

Kurangi makan junk food atau makanan cepat saji karena memiliki banyak kandungan karbohidrat, lemak, dan gula yang dapat berakibat buruk bagi kesehatan tubuh. 

Sebaliknya, konsumsilah buah-buahan, sayur-sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan yang memiliki kandungan vitamin yang tinggi. Di samping itu, mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan lemak baik juga perlu Anda lakukan.

Contoh makanan yang memiliki kandungan lemak baik seperti ikan salmon sangat bagus sebagai cara meningkatkan kekebalan tubuh karena terdapat kandungan omega 3 yang tinggi. Di samping itu, dada ayam fillet juga baik untuk dikonsumsi.

Baca Juga : Manfaat Buah-Buahan bagi Kesehatan Tubuh

                    Makanan Sehat dan Bergizi

5. Konsumsi Makanan Fermentasi

Cara meningkatkan kekebalan tubuh selanjutnya adalah konsumsi makanan fermentasi. Makanan fermentasi sangat memiliki kandungan bakteri baik tinggi yang sering disebut dengan nama probiotik.

Bakteri baik tersebut dapat menangkal bakteri jahat yang bisa menyerang tubuh sehingga kekebalan tubuh dapat lebih ditingkatkan. Bakteri jahat yang menyerang tubuh dapat melemahkan kekebalan sehingga Anda menjadi mudah sakit.

Menurut jurnal penelitian dari The Role of Gut Microbiota in Immune Homeostasis and Autoimmunity, bakteri baik yang terdapat pada makanan fermentasi dapat bermanfaat banyak bagi kesehatan tubuh. Tidak hanya baik bagi sistem pencernaan saja, tetapi juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Makanan fermentasi yang dapat Anda konsumsi adalah yoghurt, keju, kefir, natto, kimchi, sampai tempe yang dapat dengan mudah diperoleh dan harganya juga tidak membuat kantong kempes.

6. Konsumsi Suplemen Secara Teratur

Suplemen


Di samping mengonsumsi makanan fermentasi dan makan secara teratur, Anda juga harus dapat mengonsumsi suplemen sebagai cara untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan mencukupi keperluan vitamin harian tubuh.

Setiap orang yang mempunyai kekebalan tubuh rendah sangat memerlukan tambahan suplemen tubuh agar daya tahan tubuhnya meningkat. Suplemen yang diperlukan pada umumnya adalah vitamin C dengan dosis maksimum 1000 mg per hari, vitamin D, zinc, dan elderberry.

Mengonsumsi suplemen setiap hari agar dapat melindungi daya tahan tubuh. Namun pastinya, konsumsi vitamin juga harus diimbangi dengan makan secara teratur dan mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran.

Baca Juga : Manfaat Vitamin C yang Wajib Anda Ketahui

7. Kelola Stres dengan baik

Mengelola kadar stres dalam tubuh sangatlah dibutuhkan sebagai cara meningkatkan kekebalan tubuh. Saat Anda merasa stres dan memiliki banyak beban pikiran, hal tersebut ternyata dapat menurunkan daya tahan tubuh secara tidak langsung.

Hal tersebut sudah ditunjukan dalam jurnal Effects of Stress on Immune Function : The Good, The Bad, and The Beautiful jika seseorang yang mempunyai kadar stres tinggi, maka kekebalan tubuhnya akan menurun sehingga mudah terpapar penyakit.

Maka dari itu, Anda tidak boleh terlalu stres apabila ingin menjalankan cara meningkatkan kekebalan tubuh. Salah satu cara untuk mengurangi stres adalah dengan melakukan meditasi, berlibur, menjalankan hobi, berbincang dengan teman, sampai makan makanan yang dapat mengurangi stres.

8. Berjemur di Pagi Hari Secara Rutin

Dengan berjemur di pagi hari secara rutin ternyata juga merupakan cara meningkatkan kekebalan tubuh manusia. 

Berjemur ketika pagi hari ternyata dapat menjadikan tubuh memperoleh asupan vitamin D alami terbaik yang bersumber dari pancaran sinar matahari.

Untuk memperoleh asupan vitamin D yang optimal dari pancaran sinar matahari, waktu yang bagus adalah sekitar pukul 08.00 pagi hingga 10.00 pagi dengan jangka waktu berjemur sekitar 10-15 menit lamanya.

Apabila tidak dapat setiap hari berjemur, Anda dapat menjalankannya 3 kali dalam seminggu.

9. Hindari Merokok dan Minuman beralkohol

Cara meningkatkan kekebalan tubuh lainnya adalah dengan menghindari merokok dan juga paparan asapnya. Hal tersebut diakibatkan karena ketika merokok, ada banyak zat-zat dan senyawa yang dilepaskan dan hal tersebut tidak baik bagi kesehatan tubuh.

Zat senyawa itu seperti karbonmonoksida, nikotin, hingga nitrogen oksidan yang dapat berakibat buruk untuk kesehatan paru-paru serta organ tubuh lainnya. Hal tersebut sudah dijelaskan melalui jurnal penelitian yang berjudul Impacts of Cigarette Smoking on Immune Responsiveness.

Selain menghindari rokok, Anda juga harus menghindari minuman beralkohol. Minuman beralkohol ternyata dapat mengurangi kekebalan tubuh manusia sehingga akan menghambat masa pemulihan apabila Anda sakit.

10. Rutin untuk Menjaga Kebersihan

Cara meningkatkan kekebalan tubuh yang terakhir adalah dengan selalu rutin untuk menjaga kebersihan, baik itu kebersihan tubuh sampai kebersihan lingkungan sekitar.

Rutinlah membersihkan tangan menggunakan sabun dan air mengalir sesudah melakukan kegiatan di luar rumah, setelah dari toilet, dan sebelum makan.

Dengan selalu rutin membersihkan tangan, maka kuman dan bakteri yang terdapat pada tangan dapat hilang sehingga tidak ikut masuk ke dalam tubuh saat Anda makan makanan tertentu.

Selain rutin mencuci tangan, Anda juga harus rutin untuk membersihkan rumah karena lingkungan rumah yang terlihat kotor dan berantakan akan lebih mudah menjadi sumber kuman dan bakteri yang menempel.

Ketika pagi hari, bukalah pintu dan jendela agar sirlukasi udara dapat berjalan baik. Sambil membuka pintu dan jendela, Anda dapat sembari bebenah rumah.

Beberapa macam cara meningkatkan kekebalan tubuh di atas dapat mulai Anda lakukan mulai dari sekarang. Di samping melakukan sepuluh cara meningkatkan kekebalan tubuh di atas, Anda juga harus selalu memperhatikan kondisi badan.

Baca Juga : Cara Menjaga Kesehatan Tubuh

                    Cara Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

                    Cara Menjaga Gula Darah Tetap Normal

Related Posts:

0 Response to "10 Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh Manusia Supaya Tidak Mudah Sakit"

Post a Comment