Penyebab Penuaan Dini dan Cara Mencegahnya



Penuaan dini memiliki ciri-ciri seperti mulai munculnya keriput, kerutan, dan garis halus. Penyebab penuaan dini, di antaranya karena paparan sinar matahari, kontraksi otot wajah yang berulang, posisi tidur kurang baik, sampai kebiasaan merokok. Meski tidak bisa dihindarkan, Anda dapat melakukan cara mencegah penuaan dini.

Proses penuaan pada dasarnya terjadi ketika berumur di atas 50 tahun. Sejalan bertambahnya usia, jaringan kolagen dan elastin tubuh akan melemah. Imbasnya, elastisitas kulit berkurang sehingga munculah tanda-tanda penuaan, seperti keriput atau kerutan. Namun, proses tersebut dapat saja terjadi lebih awal yang sering disebut dengan istilah penuaan dini.

Seseorang disebut mengalami penuaan dini jika tubuhnya mengalami perubahan-perubahan yang umum dialami oleh lansia, di usia yang lebih muda. Orang yang mengalami penuaan dini memiliki ciri-ciri kulitnya bisa nampak lebih keriput, rambutnya beruban lebih cepat atau rontok lebih banyak, sampai terdapat adanya perubahan bentuk wajah menjadi lebih cekung, sehingga terlihat lebih tua dari usia yang sebenarnya.

Anda mungkin tidak bisa menghindari timbulnya tanda penuaan. Tapi, Anda dapat memperlambat timbulnya tanda-tanda tersebut dengan mengetahui penyebab dan cara mencegah penuaan dini yang tepat.

Penyebab penuaan dini

Terdapat banyak faktor yang menjadi penyebab penyakit penuaan dini terjadi, seperti:

1. Terkena paparan sinar matahari



Penyebab penuaan dini yang paling sering terjadi adalah karena paparan sinar ultraviolet (UV) dari sinar matahari secara berlebihan. Sinar UV tersebutlah yang bisa merusak salah satu jaringan kulit yang disebut elastin, sehingga kulit jadi lebih mudah untuk mengendur dan meregang.

Akibatnya, kulit menjadi lebih mudah keriput, terluka dan lebam, serta memerlukan waktu yang lebih lama untuk dapat sembuh.

2. Memiliki kebiasaan merokok



Bahaya merokok ternyata dapat menjadi penyebab penuaan dini yang sering terjadi. Hasilnya, kulit terasa kering dan kasar, warna kulit mulai memudar, serta timbul keriput yang tidak bisa terhindarkan. 

Beberapa jenis racun yang terdapat di dalam rokok akan membuat kulit Anda terpapar dengan stres oksidatif.

Contohnya, asap dan panas dari rokok, serta kebiasaan yang membuat menjadi lebih tua, seperti mengerutkan area bibir ketika sedang merokok, sangat berkontribusi pada pembentukan keriput. Asap rokok juga bisa merusak kolagen dan elastin terhadap kulit. 

Di samping itu, kandungan nikotin yang terdapat dalam rokok dapat mempersempit pembuluh darah serta mengurangi asupan oksigen dan nutrisi yang diperlukan sel-sel kulit.

Tidak hanya mengancam kesehatan kulit, kandungan zat racun yang terdapat dalam rokok dapat meningkatkan risiko kanker kulit karena kandungan nitrosamin dan tar dalam rokok yang bersifat karsinogen.

3. Posisi tidur miring



Sudah pernah tahukah Anda jika posisi tidur juga dapat menjadi penyebab penuaan dini seperti timbulnya keriput?

Ketika tidur dalam posisi menyamping, tekanan pada bantal dapat memunculkan garis-garis halus terhadap dagu, pipi, ataupun kening.

Tanda penuaan ini tidak terjadi secara langsung, namun memerlukan waktu bertahun-tahun untuk dapat memunculkan tandanya. 

Tapi, jika kulit mulai kehilangan elastisitasnya, garis-garis halus tersebut akan lebih mudah nampak.

Seringnya ciri penuaan yang timbul karena posisi tidur, terletak pada area sisi kening, mulai dari bagian dari alis sampai ke area garis rambut, dan bagian tengah pipi.

4. Pola Waktu Tidur yang Buruk

Tidak hanya pada posisi tidur saja, kurangnya waktu tidur yang berkualitas dapat membuat proses regenerasi sel tubuh jadi mudah terganggu sehingga menyebabkan penuaan kulit dapat terjadi. 

Setidaknya, ada sebuah studi kecil yang dimuat dalam Clinical and Experimental Dermatology menyebutkan bahwa pola tidur buruk bisa meningkatkan risiko penuaan kulit dan rusaknya fungsi penghalang kulit.

5. Pola makan buruk

Pola makan yang buruk dapat meningkatkan faktor risiko penuaan dini. Bahkan, jika terlalu sering makan makanan manis juga dapat menjadi faktor penuaan dini.

Hal tersebut dibuktikan dalam sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal Dermato-Endocrinology yang menunjukan bahwa makan makanan tinggi gula dan karbohidrat olahan dapat menjadikan kulit mudah rusak, termasuk juga mempercepat timbulnya tanda penuaan.

Disamping makanan manis dan tinggi karbohidrat, terlalu sering makan makanan yang tinggi garam, daging merah, dan makanan pedas juga merupakan suatu kebiasaan yang dapat membuat Anda lebih cepat tua. Baca Juga : Makanan Sehat dan Bergizi

6. Kebiasaan konsumsi alkohol dan kafein berlebihan

Mengonsumsi alkohol secara berlebihan diyakini bisa menjadikan tubuh dehidrasi. Apabila dilakukan secara terus menerus, hal tersebut dapat mengakibatkan kulit mengendur seiring berjalannya waktu.

Selain itu, dengan konsumsi kafein berlebihan juga diyakini dapat menjadi faktor penyebab penuaan dini. Tapi, sejumlah ahli masih belum terlalu yakin apakah mengonsumsi kopi setiap hari bisa mengakibatkan keriput.

7. Stres 

Banyak faktor yang bisa menjadi pemicu situasi stres terhadap diri Anda. Sayangnya, stres bisa meningkatkan faktor risiko penuaan dini terhadap kulit wajah dan tubuh.

Ketika stres, otak akan melepas hormon kortisol, yakni jenis hormon yang bisa melemahkan kolagen sehingga membuat kulit lebih cepat tua sebelum waktunya tiba.

Di samping itu, tubuh akan memicu respons peradangan di dalam tubuh yang bisa merusak kebiasaan tidur Anda. 

Sebuah Penelitian yang terdapat dalam The American Journal of Geriatic Psychiatry menunjukan bahwa hormon stres dan peradangan bisa menjadikan tubuh menua dengan cepat.

Baca Juga : Bahaya Stres Berkepanjangan

8. Faktor lingkungan Sekitar

Menurut hasil Penelitian yang terdapat dalam Dermato-Endocrinology, ciri-ciri penuaan dini, termasuk bintik hitam dan keriput, dapat menjadi semakin parah karena paparan faktor lingkungan sekitar, contohnya polusi udara atau udara yang telah terkontaminasi. Hal tersebut dapat mengakibatkan radikal bebas sehingga tanda penuaan dini dapat timbul lebih cepat.

9. Seringnya kontraksi otot wajah berulang

Kontraksi otot dari ekspresi wajah yang dilakukan secara berulang-ulang dapat meningkatkan faktor risiko penuaan dini, seperti keriput atau kerutan.

Seperti, tersenyum, menyipitkan mata, mengerutkan kening atau bibir, atau menggaruk mata. Anda dapat menyadari ciri-ciri penuaan dini tersebut pada area bagian ujung mata dan di antara kedua alis.

 

Cara mengatasi penuaan dini

Penuaan dini dapat disembuhkan. Cara mengatasi penuaan dini yang timbul di awal cukup hanya memakai produk perawatan kulit atau skincare yang memiliki kandungan retinoid, vitamin C, dan alpha hydroxy acids/AHA. 

Tapi, untuk dapat mengatasi penuaan dini yang diakibatkan oleh paparan sinar matahari terbilang sedang atau parah, Anda dapat melakukan prosedur perawatan kulit, seperti chemical peeling, dermabrasi, atau laser resurfacing

Sedangkan, cara mengatasi penuaan dini semisal garis halus di bagian area wajah yang dalam dapat diatasi dengan menggunakan suntik botulinum toxin atau filler, yang memiliki kandungan asam hialuronat, lemak Anda sendiri, dan implan Gore-Tex.

Beberapa orang mungkin ingin melakukan prosedur kecantikan, seperti facelift, brow lift, atau operasi kosmetik pada area kelopak mata. 

Apabila Anda ingin menjalankan prosedur medis atau kecantikan tertentu sebagai cara menghilangkan penuaan dini terhadap wajah, pastikan untuk terlebih dahulu berkonsultasi dengan ahlinya.

Dokter mungkin bisa memberikan saran untuk jenis tindakan sesuai dengan situasi dan masalah kulit Anda. Dengan demikian, tampilan kulit lebih muda dapat diperoleh secara optimal.

Cara mencegah penuaan dini yang mudah untuk dilakukan

Terdapat berbagai cara mencegah penuaan dini yang dapat Anda lakukan supaya terlihat lebih awet muda, seperti:

1. Memakai sabun pembersih wajah yang lembut

Salah satu cara untuk mencegah penuaan dini terhadap wajah adalah dengan cuci muka memakai sabun pembersih wajah yang lembut. 

Lebih baiknya, pakai sabun cuci muka yang memiliki kandungan asam lemak esensial untuk menjaga kelembapan kulit. Sabun pembersih wajah terdapat kandungan teh hijau berguna untuk mencegah kerusakan akibat radikal bebas. 

Pastikan Anda mengusap wajah dengan gerakan memutar secara pelan-pelan. American Academy of Dermatology menganjurkan supaya jangan terlalu keras menggosok wajah karena dapatberisiko mempercepat penuaan kulit wajah. 

2. Oleskan sunscreen dengan kandungan SPF tinggi

Cara mencegah penuaan dini yang paling penting adalah dengan menjaga kulit dari paparan sinar matahari berlebih, terutama ketika Anda melakukan kegiatan di luar rumah. 

Anda perlu memakai sunscreen atau tabir surya dengan broad spectrum dan SPF 30 terhadap area bagian kulit wajah dan kulit yang tidak tertutup oleh pakaian.

Hindari memakai tabir surya yang memiliki kandungan alkohol karena dapat mengakibatkan kulit menjadi lebih kering. Agar kolagen yang berada pada kulit dapat terjaga, cari tabir surya yang mempunyai kandungan antioksidan di dalamnya.

Oleskan tabir surya ke bagian permukaan kulit ketika pagi dan siang hari, serta ulangi setiap 2 jam atau lebih sering, apabila Anda berkeringat atau berenang.

Di samping itu, Anda juga harus menjaga kulit dengan menggunakan pakaian lengan panjang yang menjaga kulit tubuh, memakai topi atau payung (jika diperlukan), serta mencari tempat teduh ketika melakukan kegiatandi luar ruangan.

3. Gunakan produk perawatan kulit retinoid

Sejalan bertambahnya umur, kulit akan mulai kehilangan elastisitasnya sehingga telihat lebih kendur. Oleh karena itu, cara mencegah penuaan dini terhadap wajah dapat dilakukan dengan mengoleskan produk anti aging atau krim obat yang memiliki kandungan turunan vitamin A, seperti retinoid. 

Namun, Anda tidak dianjurkkan memakai retinoid berbarengan dengan obat jerawat benzoil peroksida. 

Karena, benzoil peroksida bisa mengoksidasi retinoid sehingga efektivitas cara kerjanya bisa berkurang. 

Untuk Anda yang sedang hamil atau berencana untuk hamil, sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum menentukan memakai retinoid sebagai perawatan kulit setiap harinya.

4. Pakai produk perawatan kulit yang memiliki kandungan antioksidan dan peptida

Aanda dapat memakai produk perawatan kulit yang memiliki kandungan antioksidan dan peptida, seperti vitamin A, C, dan E, teh hijau, dan ekstrak biji anggur sebagai cara mencegah penuaan dini terhadap wajah selanjutnya.

Anda diajurkan untuk mengoleskan produk tersebut ketika pagi hari sebelum menggunakan pelembap dan tabir surya supaya dapat menjaga kulit dari kerusakan. 

5. Lakukan eksfoliasi secara rutin dan teratur

Setiap 28 hari sekali, kulit akan meluruhkan sel-sel yang mati. Tapi, proses tersebut akan semakin melambat sejalan bertambahnya umur sehingga membuat kulit menjadi tampak lebih kusam dan tampak lebih tua.

Agar dapat menghilangkan sel mati yang menumpuk dan membuat kulit tampak menjadi lebih cerah, lakukan eksfoliasi secara rutin dan teratur seminggu sekali. Perhatikan bahan-bahan yang terdapat dalam scrub agar tidak terjadi iritasi kulit.

6. Kurangi ekspresi wajah berulang

Anda dapat menghindari ekspresi wajah terlalu sering atau berulang-ulang supaya dapat terhindar dari kontraksi wajah yang mengakibatkan penuaan terhadap kulit. 

Sebagai solusinya, Anda dapat memakai kacamata hitam untuk membantu mengurangi garis-garis halus yang diakibatkan karena menyipitkan mata.

7. Konsumsi makanan sehat dan bergizi

Cara mencegah penuaan dini secara alami dari dalam tubuh adalah dengan konsumsi makanan yang sehat dan bergizi, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan.

Kedua jenis makanan anti aging tersebut bisa mencegah kerusakan kulit serta memperlambat timbulnya tanda penuaan.

Anda juga dapat konsumsi makanan yang dapat mencegah penuaan dini pada wajah, seperti ikan berlemak, cokelat hitam, kaldu tulang, dan oats.

8. Hindari minum alkohol berlebihan

Alkohol dapat mengakibatkan dampak buruk terhadap kulit karena dapat menyebabkan kulit dehidrasi dan rusak. 

Seiring berjalannya waktu, konsumsi alkohol berlebihan bisa mengakibatkan Anda nampak lebih tua. 

Oleh karena itu, Anda harus menghindari konsumsi alkohol sebagai cara untuk mencegah penuaan dini secara alami.

9. Perbanyak minum air putih

Kurangnya asupan cairan tubuh bisa mengakibatkan kondisi tubuh dehidrasi.

Saat mengalami dehidrasi, kulit Anda akan terasa kering, kasar, bahkan bersisik ketika digaruk. Hasilnya, tanda penuaan dini dapat nampak semakin jelas.

Mengonsumsi air putih dengan cukup dapat menjadi cara yang tepat sebagai langkah mencegah penuaan dini.

Pada dasarnya, para peneliti kesehatan menganjurkan untuk minum air putih sekitar 8 gelas atau setara dengan 2 liter per hari supaya Anda bisa terhindar dari dehidrasi sekaligus sebagai cara alami mencegah penuaan dini. Baca Juga : Manfaat Air Putih

10. Konsumsi suplemen yang tepat

Cara mencegah penuaan pada kulit wajah juga harus didukung dengan asupan yang diperlukan oleh tubuh. 

Jika perlu, Anda dapat mengonsumsi suplemen yang memiliki kandungan  lemak omega-3 untuk membantu melindungi kelembapan kulit serta mencegah keriput. 

Di samping itu, suplemen tersebut juga bermanfaat untuk menjaga kulit Anda agar tetap kenyal, mengisi kembali lipid (minyak kulit) yang berkurang sejalan bertambahnya umur, sekaligus memberikan dampak anti-inflamasi.

Meski begitu, Anda lebih baik perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum minum suplemen tertentu agar dapat mencegah dampak buruk yang mungkin dapat terjadi.

11. Berolahraga secara rutin

Menjalankan olahraga secara rutin juga dapat menjadi sebuah cara mencegah penuaan dini. Tidak percaya? 

Ya, berolahraga rutin dapat meningkatkan sirkulasi darah dan memperkuat sistem kekbalan tubuh. Dengan demikian, tampilan kulit dapat nampak terlihat lebih awet muda.

Baca Juga ; Manfaat Olahraga Rutin

12. Hentikan pemakaian produk perawatan kulit yang dapat membuat perih

Apabila Anda mengalami kulit perih atau sensasi terasa panas karena penggunaan produk perawatan kulit tertentu, cepatlah hentikan pemakaianya suapay tanda-tanda penuaan dini tidak nampak. Langkah tersebut juga bisa menjadi cara mengatasi penuaan dini.

13. Konsultasikan perawatan kulit ke dokter

Cara mencegah penuaan dini pada wajah mungkin membutuhkan beberapa prosedur perawatan kulit.

seperti, mikrodermabrasi, peeling wajah, atau perawatan laser agar dapat membuat wajah terlihat lebih cerah serta tampak kenyal dan awet muda. 

Dengan mengetahui beberapa ciri-ciri, penyebab, cara menghilangkan, serta pencegahan penuaan kulit di atas, harusnya Anda dapat menjaga kulit agar lebih sehat dan awet muda.

Baca Juga : Tips Mencerahkan Wajah Secara Alami

Related Posts:

0 Response to "Penyebab Penuaan Dini dan Cara Mencegahnya"

Post a Comment