20 Manfaat Makan Tomat Mentah Beserta Kandungan Nutrisi dan Efek Sampingnya

Tomat


Manfaat Makan Tomat Mentah

Tomat Merupakan salah satu makanan yang sering disarankan untuk dimakan secara rutin. Paling tidak, Anda dianjurkan memakan tomat agar melindungi kesehatan mata. Tapi di samping itu, ternyata buah yang satu tersebut mempunyai manfaat lain untuk kesehatan tubuh yang sayang untuk dilewatkan.

Terlebih lagi tomat sangat mudah dijumpai di pasar tradisional atau di supermarket. Di samping itu, tomat juga merupakan makanan yang fleksibel, Anda dapat memakannya dalam kondisi mentah atau dimasak terlebih dulu. Lalu, dalam artikel kali ini Anda akan membahas tentang manfaat makan tomat mentah bagi tubuh yang masih jarang diketahui. Cermati baik-baik ya.

Kandungan Nutrisi Tomat

Tomato


Sebelum mengulas tentang manfaat tomat, Anda harus tahu terlebih dahulu seperti apa kandungan nutrisi yang terdapat pada buah tomat. Satu buah tomat mentah mempunyai kandungan nutrisi yang terdiri dari: 3,5 gr lemak, 5,5 gr protein, 31 kalori, 6,5 gr karbohidrat, 7,5% Rekomendasi Asupan Harian (RAH) Vitamin A, 5,5% Rekomendasi Asupan Harian (RAH) Vitamin B1, 6,6% Rekomendasi Asupan Harian (RAH) Vitamin B3, 7,5% Rekomendasi Asupan Harian (RAH) Vitamin B6, 6,5% Rekomendasi Asupan Harian (RAH) Vitamin B9, 26% Rekomendasi Asupan Harian (RAH) Vitamin C, 5,5% Rekomendasi Asupan Harian (RAH) Vitamin E, 11,5% Rekomendasi Asupan Harian (RAH) Vitamin K, 11,5% Rekomendasi Asupan Harian (RAH) Tembaga, 8% Rekomendasi Asupan Harian (RAH) Kalium, 4% Rekomendasi Asupan Harian (RAH) Magnesium, 8% Rekomendasi Asupan Harian (RAH) Mangan, Kalsium, Zat Besi, Zinc, Kolin, Fosfor, Likopen, Phenolic, Zeaxanthin, Karotenoid

Dengan banyaknya nutrisi dan mineral dalam buah berwarna merah tersebut, sudah pasti terdapat banyak manfaat yang dapat Anda peroleh saat mengkonsumsi tomat mentah. Seperti sudah yang dijabarkan oleh Hamidah Jauhary dalam bukunya yang berjudul Seri Apotek Dapur: Sehat Tanpa Obat Dengan Tomat. Dalam buku ini Hamidah menuturkan tentang manfaat dan faktor-faktor penting yang berhubungan dengan buah tomat, terutama kandungan dan manfaatnya bagi kesehatan.

Manfaat Makan Tomat Mentah Bagi Kesehatan Tubuh

1. Membantu mencegah penyakit jantung

Manfaat makan tomat mentah yang akan Anda peroleh adalah dapat terhindar dari penyakit jantung yang menjadi faktor penyebab kematian paling tinggi di dunia. Menurut sebuah riset yang terbit dalam jurnal U.S. National Library of Medicine, kandungan likopen serta beta-karoten yang rendah di dalam darah, dapat memicu meningkatknya resiko terkena serangan jantung.

Makan tomat mentah setiap hari bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat, melawan peradangan, serta stres oksidatif. Di samping itu, lapisan dalam pembuluh darah juga akan memperoleh perlindungan, sehingga mengurangi resiko pembekuan darah.

2. Membantu mencegah kanker

Manfaat makan tomat mentah berikutnya mampu membantu mencegah penyakir kanker.Tomat adalah sumber antioksidan dan Vitamin C yang sangat baik. Dua kandungan tersebut bisa menurunkan pembentukan radikal bebas yang diyakini sebagai penyebab kanker. Menurut sebuah penelitian dalam Jurnal Molecular Cancer Research, asupan beta-karoten yang tinggi bisa membantu mencegah perkembangan tumor pada kanker prostat.

Tidak hanya itu, kandungan likopen yang terdapat dalam tomat juga dapat membantu mencegah kanker prostat. Terlebih lagi tomat bisa mencukupi 80% likopen ketimbang makanan lainnya. Sebuah riset yang dilakukan di Jepang menyatakan bahwa beta-karoten bisa menurunkan resiko kanker usus besar.

3. Merupakan sumber vitamin yang baik

Seperti yang telah dijelaskan diatas, tomat adalah sumber vitamin yang sangat baik untuk tubuh. Di dalamnya terdapat banyak kandungan vitamin, seperti: Vitamin C, Vitamin K yang bermanfaat untuk kesehatan tulang, Vitamin A yang akan membantu menjaga kesehatan kulit, penglihatan, dan juga sistem kekebalan tubuh, Kalium yang menjadi nutrisi penting untuk fungsi jantung, tekanan darah, konstraksi otot, serta melindungi keseimbangan cairan yang sehat.

4. Membantu meningkatkan penglihatan Anda

Tomat merupakan buah yang memiliki kandungan lutein, beta-karoten, dan likopen yang tinggi. Ketiganya adalah antioksidan kuat yang terbukti bisa menjaga mata dari kerusakan yang disebabkan oleh cahaya, degenerasi makula berhubungan dengan usia (AMD), dan perkembangan katarak.

Studi Age-Related Eye Disease Study (AREDS) yang dilakukan akhir-akhir ini memperoleh bahwa individu yang makan tomat dengan kandungan karotenoid lutein dan zeaxanthin yang tinggi, akan mengalami penurunan resiko AMD neovaskular sebesar 35%.

5. Membantu melindungi tekanan darah

Manfaat makan tomat mentah setiap hari yang berikutnya adalah melindungi tekanan darah. Manfaat tersebut diperoleh karena tomat mempunyai natrium yang rendah sehingga bisa melindungi tekanan darah agar tetap sehat.

Di samping itu, asupan kalium yang tinggi serta natrium yang rendah juga bisa membantu mengurangi resiko kematian sebesar 20% dari semua penyebab yang ada.

Baca Juga : Segudang Manfaat Wortel bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Makan Tomat Mentah Untuk Wajah

Tomat


1. Membantu menyamarkan pori-pori dan mencegah jerawat

Makan tomat mentah ternyata juga baik bagi wajah. Manfaat yang pertama adalah mampu membantu menyamarkan pori-pori serta mencegah jerawat. Terutama apabila Anda memiliki kulit wajah yang berminyak.

Karena, kulit wajah yang berminyak pada umumnya mempunyai pori-pori wajah yang besar dan merangsang timbulnya jerawat di wajah. Akibatnya, kepercayaan diri pun akan berkurang karena pori-pori wajah yang besar lebih mudah nampak, bahkan ketika Anda memakai make up.

Anda memang tidak dapat mengubah ukuran pori-pori wajah, tapi Anda  masih dapat menyamarkannya dengan rutin mengkonsumsi tomat mentah. Di samping itu, kamu juga dapat menggunakan masker tomat untuk membersihkan wajah dari kotoran dan minyak yang menyumbat, sehingga pori-pori akan terlihat lebih kecil.

2. Membantu mencerahkan wajah

Manfaat makan tomat mentah bagi wajah berikutnya adalah mampu membantu mencerahkan wajah. Setiap orang pastinya akan merasa jengkel saat wajahnya kusam dan tidak cerah. Terlebih lagi untuk Anda yang lebih banyak melakukan kegiatan di luar ruangan, wajah kusam dan tidak cerah bisa mengurangi rasa percaya diri.

Salah satu manfaat makan tomat mentah adalah membantu mencerahkan kulit wajah. Di samping itu, Anda juga dapat menghilangkan bintik-bintik hitam di wajah dengan menggunakan masker tomat dan lemon.

Tomat dan lemon memiliki sifat pencerah kulit alami dan dapat membantu meratakan warna kulit, menurunkan bekas jerawat, serta hiperpigmentasi. Lemon juga memiliki sifat antibakteri yang bisa menangkal kuman di kulit wajah.

Baca Juga : Tips Mencerahkan Wajah Secara Alami

3. Mengatasi penuaan dini wajah

Manfaat makan tomat mentah yang berikutnya adalah untuk mengatasi penuaan dini pada wajah. Manfaat tomat mentah yang satu ini didapatkan dari kandungan antioksidan serta likopen pada tomat.

Antioksidan bisa membantu mencegah kerusakan kolagen di kulit wajah. Sementara likopen bisa membantu mengatasi perubahan warna kulit, mencegah timbulnya kerutan, garis-garis halus, dan memperhalus tekstur wajah.

Baca Juga : Penyebab Penuaan Dini dan Cara Mencegahnya

4. Mengatasi komedo

Di samping jerawat, komedo juga sering menjadi sebuah pengganggu yang sangat menyebalkan. Terlebih lagi, apabila Anda sering menggunakan make up untuk bekerja atau melakukan kegiatan sehari-hari.

Bedak atau foundation yang menempel pada komedo akan nampak seperti duri landak sehingga mengurangi rasa percaya diri. Dengan makan tomat mentah secara rutin dan menggunakan masker tomat, Anda bisa mengatasi masalah komedo hitam yang membandel.

Manfaat Makan Tomat Mentah Untuk Menjalankan Program Diet

Tomat merupakan salah satu buah yang diyakini bisa membantu mengurangi berat badan. Manfaat tersebut diperoleh karena tomat termasuk makanan kaya nutrisi yang rendah kalori. Lantas, berikut ini beberapa manfaat makan tomat mentah bagi Anda yang sedang menjalankan program diet:

1. Meningkatkan sistem metabolisme

Tomat mentah yang diolah menjadi sebuah jus bisa membantu meningkatkan sistem metabolisme lipid. Selain itu, kandungan asam amino yang terdapat pada tomat juga bisa meningkatkan kemampuan tubuh dalam proses membakar lemak.

2. Kandungan kalori rendah dan karbohidrat

Manfaat makan tomat mentah untuk menjalankan program diet yang selanjutnya adalah menjadi sumber nutrisi penting yang bisa mencukupi keperluan vitamin, protein, serat, dan mineral. Tidak sampai di situ saja, kadar kalori yang rendah yang terdapat pada tomat juga tidak akan mengakibatkan penumpukan kalori ketika Aanda memakannya sesuai aturan.

Lalu, tomat mempunyai kandungan karbohidrat yang rendah. Jadi menambahkan satu atau dua buah tomat dalam sebuah pola makan harian Anda diyakini akan membantu menurunkan berat badan.

Baca Juga : Cara Menjaga Berat Badan Ideal

3. Membantu melancarkan sistem pencernaan

Berat badan dapat meningkat karena banyak faktor, salah satunya adalah karena kesulitan mencerna makanan dengan kata lain sembelit. Nah, makan tomat mentah akan membantu Anda memiliki sistem pencernaan yang lancar dan sehat.

Kandungan serat yang terdapat dalam tomat akan membantu bakteri baik di dalam usus dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama sehingga mendukung program diet yang dijalankan menjadi lebih sehat lagi.

Baca Juga : Cara Mengatasi Sembelit

4. Indeks glikemik rendah

Tomat merupakan salah satu buah dengan indeks glikemik yang rendah. Indeks glikemik sendiri adalah sebuah indikator yang bisa menunjukkan seberapa cepat makanan dapat meningkatkan kadar gula darah sesudah dikonsumsi. Semakin tinggi nilainya, maka semakin besar juga pengaruhnya terhadap meningkatnya kadar gula darah.

Standar nilai makanan yang termasuk ke dalam golongan indeks glikemik yang rendah adalah 55. Tomat memiliki nilai glikemik sebesar 38. Dengan kata lain, makan tomat mentah diyakini bisa membantu menurunkan lonjakan kadar gula dalam darah.

Baca Juga : Cara Menjaga Gula Darah Normal

Manfaat Makan Tomat Mentah Bagi Kesehatan Kulit

1. Menjaga kulit dari penyakit kanker

Manfaat makan tomat bagi kesehatan kulit yang pertama adalah menjaga kulit dari penyakit kanker. Pancaran sinar matahari yang langsung mengenai kulit dalam menjadi faktor penyebab sel kanker kulit yang ganas. Oleh sebab itu, Anda disarankan mengkonsumsi tomat mentah untuk mengatasi hal tersebut karena kandungan likopen pada tomat bisa membantu melawan sel kanker kulit.

2. Menurunkan resiko luka bakar karena paparan sinar matahari

Manfaat makan tomat bagi kesehatan kulit yang berikutnya adalah mampu menurunkan resiko luka bakar karena paparan sinar matahari. Meskipun tomat bukanlah opsi pengganti tabir surya, namun ternyata makan tomat mentah bisa membantu menurunkan resiko luka bakar karena paparan sinar matahari. Dengan begitu, Anda akan lebih jarang terkena paparan radiasi UV. Tapi Anda juga tetap harus menggunakan tabir surya dengan SPF 30 atau yang lebih tinggi untuk meningkatkan penjagaan terhadap kulit.

3. Membantu dalam mempercepat memulihkan luka karena cedera

Satu gelas tomat mentah memiliki kandungan kurang lebih 30 gr asam L-askorbat. Senyawa tersebut sering digunakan dalam beraneka ragam produk skincare yang dipakai untuk meningkatkan perkembangan jaringan ikat baru dan mempercepat proses pemulihan luka.

4. Mampu membantu menurunkan resiko gangguan kulit

Manfaat makan tomat mentah yang selanjutnya adalah mampu membantu menurunkan resiko gangguan terhadap kulit. Manfaat tersebut diperoleh lewat  kandungan nutrisi dalam tomat yang sifatnya mampu menenangkan kulit, seperti: Likopen, Lutein, Beta-karoten, Asam L-askorbat, Vitamin E

5. Mampu membantu proses pembentukan kolagen terhadap kulit

Tidak hanya mempercepat pemulihan luka, asam L-askorbat yang terdapat dalam tomat juga bisa membantu dalam pembentukan kolagen pada kulit. Saat jumlah kolagen yang terbentuk semakin banyak, fleksibilitas kulit akan semakin berkembang dan menjadikan kulit jadi lebih kencang.

6. Membantu membuang sel kulit mati

Manfaat makan tomat mentah untuk kulit yang satu ini diperoleh dari kandungan protein dalam tomat. Protein diyakini bisa membantu proses pembuangan sel kulit mati sehingga kulit Anda menjadi lebih sehat dan tampak lebih awet muda.

7. Mampu membantu mencerahkan kulit

Manfaat makan tomat mentah yang terakhir adalah mampu membantu mencerahkan kulit. Kulit yang kering dan kusam akan mengakibatkan bermacam-macam gangguan, seperti gatal-gatal, pecah-pecah, atau yang lainnya. Untuk dapat mencegahnya Anda dapat memakai produk skincare yang dijual di pasaran dan memakan tomat mentah secara rutin.

Sebab, tomat merupakan sumber kalium yang bisa membantu melembabkan kulit kering sehingga kulit menjadi lebih cerah.

Efek Samping Makan Tomat Mentah Secara Berlebihan

Tomat mentah memang aman untuk dimakan, namun Anda harus membatasi dalam mengkonsumsinya. Karena, mengkonsumsi tomat mentah secara berlebihan malah akan mengakibatkan efek samping untuk kesehatan Anda. Terutama apabila Anda mempunyai penyakit maag dan masalah perut yang lain, sedang mengkonsumsi obat penurun tekanan darah, dan menderita gangguan perdarahan.

Kandungan likopen yang terdapat pada tomat bisa memperburuk situasi gejala penyakit maag serta masalah perut lainnya. Disamping itu, senyawa likopen juga dapat membuat tekanan darah menjadi rendah. Itulah mengapa, apabila Anda sedang mengkonsumsi obat penurun tekanan darah sebaiknya jangan mengonsumsi tomat mentah.

Tidak hanya itu, likopen juga berpotensi meningkatkan perdarahan oleh karena itu apabila Anda menderita gangguan perdarahan sebaiknya jangan mengkonsumsi tomat mentah secara berlebihan, ya.

Baca Juga : Cara Menjaga Kesehatan Tubuh

Related Posts:

0 Response to "20 Manfaat Makan Tomat Mentah Beserta Kandungan Nutrisi dan Efek Sampingnya"

Post a Comment